Minggu, 02 Oktober 2011

Hujan Deras Hapus Kabut Asap di Palembang

Palembang,SN - Setelah seharian penuh menghirup kabut asap, akhirnya warga Palembang bisa bernapas lega. Pada sore hari turun hujan deras disertai angin kencang yang menyegarkan kembali udara.

Hujan deras yang turun mulai pukul 16.30 WIB, Sabtu (1/10), menghilangkan aroma rumputan terbakar yang sebelumnya terasa dari kabut asap, serta debu-debu di jalanan.

"Aku terkejut dengan hujan ini. Aku sama sekali tidak menyangka hujan turun," kata Dadang, saat meneduhkan diri di teras pertokoan di Jalan Basuki Rahmad, Sabtu (01/10).

"Aku pikir mendung sepanjang hari ini lantaran kabut asap bae. Alhamdulillah, semoga saat sudah masuk musim penghujan," harap warga Kenten, Palembang, ini.

Beberapa pekan lalu, hujan sempat mengguyur Palembang. Tapi hujan itu merupakan hujan buatan. Saat itu kabut asap menghilang. Dalam empat hari terakhir, kabut asap kembali muncul. Hujan deras turun sekitar pukul 16.30 hingga 18.30. Udara setelah hujan menjadi lebih bersih meskipun kabut asap tipis masih terlihat. Namun, gangguan kabut asap akibat kebakaran lahan terasa telah jauh berkurang.

Menurut prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan memasuki musim hujan pada Bulan Oktober ini. Sejak Juli, provinsi ini dilanda kemarau dengan cuaca panas dan kering. (kom/tw/lh)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.