Kamis, 13 Oktober 2011

Malaysia yang Selalu Ganggu Kedaulatan RI

Oleh Agus Harizal Alwie Tjikmat

    UNTUK kesekian kalinya  Malaysia diam-diam berusaha mencaplok wilayah kedaulatan RI. Posisi Indonesia sebagai negeri kepulauan dan lemah  pengawasan, memang dimanfaatkan Negeri Jiran tersebut  untuk 'maling' pulau-pulau atau daerah yang potensial.
    Untuk kondisi ini, Pemerintah RI diminta tidak lagi menjadikan persoalan tapal batas negara menjadi persoalan biasa. Selain itu, pemerintah yang kini sudah memiliki Badan Pengelolaan Perbatasan, harus lebih memprioritaskan wilayah yang rawan sengketa tersebut.
    Bukan kali ini Malaysia mengganggu Indonesia. Dan untuk kesekian kalinya sikap pemimpin Negeri ini biasa-biasa saja. Seakan hanya  hal yang lumrah dan lazim Malaysia mengganggu Republik ini, hingga tak pernah  ada  sikap atau teguran yang  tegas agar Malaysia tak berani untuk berbuat seenaknya.
    Kondisi yang ada  dari penguasa Bumi Pertiwi ini, selalu sikap menyesalkan dan himbauan-himbauan yang membuat  Indonesia selalu dianggap sebelah mata oleh Negeri tetangga tersebut.
    Harusnya penguasa sadar diri, dalam urusan pengelolaan batas negara, Indonesia sangat jauh tertinggal dengan Malaysia. Hal itu bisa terlihat dari kondisi di daerah-daerah perbatasan Indonesia dengan negara lain.
    Hal yang sangat nampak pada kondisi di lapangan dan yang buat kita sedih adalah soal pembangunan sarana sosial dan ekonomi masyarakat setempat yang masih tertinggal.
    Selalu saja seperti ini, bagaimana Bangsa  yang besar dan Pemimpin Negeri besar ini mau dihargai dan disegani negeri luar, kalau   untuk menyelesaikan dan mengamankan anak negerinya  yang saat ini ditahan Malaysia, selalu saja dengan himbauan-himbauan.
    Rakyat menginginkan sikap tegas dan keras agar Malaysia tak selalu  mengganggu Indonesia. Kalau begini kenyataannya, jelas Malaysia  tanpa ragu untuk mengobok-obok Bangsa ini. (***)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.