Sabtu, 29 Oktober 2011

Potensi Batu Bara Kabupaten Muba Capai 23 Miliar Ton

SEKAYU,SN –

Kabupaten Muba,Provinsi Sumatera selatan Selain kaya akan minyak dan gas bumi, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) juga kaya akan batu bara.Kepala Dinas Pertambangan dan Pengembangan Energi (Distamben) Muba Zulfakar mengklaim potensi kandungan batu bara di kawasan Musi banyuasin mencapai 23 miliar ton yang tersebar di 14 lokasi kecamatan di Muba.

“Keberadaannya juga cukup dangkal, di musim kemarau, aliran sungai seperti di Sungai Lilin, di paparan di hadapan tim dari Dirjend Mineral dan Batu bara dan Direktorat Teknik Lingkungan Mineral dan Batu bara Kementerian ESDM di Sekayu kemarin.

Menurutnya, pihaknya kini bertekad meningkatkan PAD dari sektor pertambangan dan energi.Untuk mewujudkan tekad tersebut, Pemkab Muba akan merevisi izin usaha pertambangan (IUP) yang sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Kondisi saat ini banyak perusahaan yang hanya ada izin tertulisnya, sedangkan aktivitas pertambangannya tidak ada.

Karena itu, sesuai peraturan, IUP akan dikaji dan direvisi,”bebernya. Dia mengungkapkan, dari 17 perusahaan yang mempunyai izin tahap produksi,hanya ada tiga perusahaan yang melakukan kegiatan penambangan. Ketiga perusahaan itu yakni PT Putra Muba Coal di Kecamatan Sungai Lilin, PT Realita Jaya Mandiri di Kecamatan Tungkal Jaya,dan PT Baturona Adimulya.

Sedangkan, katanya, penerimaan dana bagi hasil batu bara masih kecil, meskipun terus meningkat. Pada 2009, jumlahnya sebesar Rp6 miliar, lalu meningkat menjadi Rp10 miliar pada 2010,dan menjadi Rp13 miliar pada 2011. Sementara anggota DPRD Muba Iwan Aldes menilai rendahnya PAD dari sektor pertambangan karena banyak potensi sumber daya alamyang belum tergali maksimal. (sie/syai/sin)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.