Sabtu, 29 Oktober 2011

Truk Mogok, Jalintim Macet 8 Jam

* Kondisi jalan yang sempit memperparah macet

Banyuasin,SN –
Ruas jalintim (jalan lintas timur) mulai perbatasan Palembang (Km 12) hingga Air Batu Talang Kelapa,Banyuasin (Km 18),kemarin (28/10) macet selama delapan jam.


Penyebabnya, sebuah truk trailer sekitar pukul 05.30 WIB mogok di Km 18 jalintim,persisnya di depan SD Negeri 2 Talang Kelapa. Lokasi mogoknya truk tersebut sangat sempit dan dekat dengan tikungan. Akibatnya, kendaraan yang melintas dari arah Palembang–Betung dan sebaliknya hanya dapat menggunakan seperempat badan jalan.Petugas Satlantas Polres baru berhasil mengatasi kemacetan sekitar pukul 14.00 WIB, setelah truk yang mogok tersebut berhasil diperbaiki.

Pengemudi truk,Asep Jizin, 43, mengatakan, truknya mogok tak lama setelah dirinya mengisi bahan bakar di SPBU Sukajadi. “Sebelumnya baikbaik saja jalannya, tapi memang tangki minyak tadi sudah sangat kosong.Mungkin mesin butuh istirahat,” kata warga Jakarta Barat ini. Asep mengaku kesulitan untuk memperbaiki truk dengan tujuan Medan, Sumatera Utara tersebut. Pasalnya, dia tidak berpengalaman memperbaiki mobil.

Mekanik yang biasanya memperbaiki truknya juga berada di truk lain. “Mekanik berada di trailer depan dan sudah masuk Muba. Terpaksa kami nunggu dulu,” ungkap dia. Terpisah, Kapolres Banyuasin AKBP Ahmad Zaenudin melalui Kasat Lantas AKP Andi Supriadi membenarkan jika ruas jalintim mengalami kemacetan dalam lebih dari lima jam akibat mogoknya sebuah trailer di Km 18.

Namun, kemacetan lebih disebabkan sempitnya kondisi jalan dan padatnya arus kendaraan pada pagi hari. Kendati demikian, Andi mengungkapkan, anggotanya telah mengatur arus lalu lintas. “Penyebabnya karenamesin mobilnya ‘anginan’ habis ngisi bensin, jadi mogok tiba-tiba. Mobil derek Pemkab Banyuasin juga tidak mampu mendorong karena ukuran mobil yang lebih besar,”ungkapnya. (taz/lin/sin)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.