Sabtu, 05 November 2011

Pemerintah Empat Lawang Ingatkan Ancaman Longsor

Empat Lawang,SN – Pemkab Empatlawang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengimbau warga di bantaran Sungai Musi dan pengguna jalan untuk mewaspadai ancaman longsor.

Kepala BPBD Empatlawang Hasbullah mengatakan, selain di sepanjang pinggiran daerah aliran sungai (DAS) Musi,yang harus diwaspadai adalah tebingan, khususnya di sisi jalan, baik jalan lintas tengah (jalinteng), jalan Provinsi Tebing Tinggi–Pendopo dan Pendopo– Ulu Musi,maupun jalan penghubung antarkecamatan dalam wilayah Empatlawang. Sebab, akibat musim kemarau lalu, banyak tebingan yang semak belukarnya dibakar dan dalam kondisi gundul.

“Setiap memasuki musim penghujan, khususnya di sepanjang jalan di pinggiran Sungai Musi,para pengguna jalan dan masyarakat yang tinggal di sana diharapkan waspada,” ungkapnya kemarin. Ancaman bencana longsor, terutama saat musim penghujan di wilayah Empatlawang, memang tidak bisa dielakkan. Sebab, salah satunya karena topografi wilayah Empatlawang termasuk daerah perbukitan, ditambah banyaknya lahan gundul di sepanjang jalur transportasi.

Sedangkan, untuk jalur DAS, kekhawatiran akan terjadinya longsor disebabkan debit sungai Musi meningkat, terutama saat terjadi hujan di bagian hulu sungai. Sementara itu, di kawasan Liku Endikat, Dusun Mingkik, Kelurahan Atung Bungsu,Kecamatan Dempo Selatan, Pagaralam cukup mengkhawatirkan. Pasalnya, kawasan tersebut rawan longsor saat memasuki musim penghujan.

Di kawasan Liku Endikat,di sisi kiri kanan jalan terdapat dinding batu yang tinggi dan jurang yang mencapai ratusan meter. Kepala BPBD Pagaralam H Edy Thamrin melalui Kasi Pencegahan Bencana Yusman Sohar mengatakan, memang pihaknya juga mengkhawatirkan terjadinya longsor di kawasan Liku Endikat. Hal tersebut disebabkan kawasan tersebut memang sangat rawan longsor. (irh/yay/sin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.