Rabu, 09 November 2011

Jalan Menuju Desa Tanjung Agung Rusak Berat


Musi Rawas, SN
Desa Tanjung Agung, Kecamatan Karang Jaya, Musi Rawas terancam terisolir, karena akses jalan menuju desa tersebut dari desa Rantau Telang rusak parah sepanjang 6 KM lebih.
Berdasarkan Pantauan SN, Selasa (8/11) Selain kondisi jalan yang sempit, beberapa titik diruas jalan satu-satunya akses menuju desa tersebut banyak yang berlubang bahkan berlumpur dan ada beberapa titik jalan yang nyaris putus.
Kondisi tersebut sudah berlangsung selama kurang lebih tiga tahun. Kondisi jalan yang sempit dan rusak mengharuskan kendaraan untuk ekstra berhati – hati karena selain lubang ditengah jalan sangat dalam dan apabila turun hujan kondisi jalan sangat licin.
Menurut Anggota Badan Permusyawaratan Daerah (BPD) setempat Abdullah, mengatakan jalan yang terletak disisi sungai Batang Empu tersebut dikhawatirkan longsor. Akibatnya akses menuju desa tanjung agung sangat terganggu dan hal ini tentu juga mempengaruhi perekonomian masyarakat desa tersebut mengingat semua hasil komoditi pertanian masyarakat diangkut melewati satu – satunya jalan tersebut.
“Dari simpang Rantau Telang hingga desa kami panjangnya sekitar 6 kilometer, kondisinya rusak parah dan sangat memprihatinkan, Kalau mobil atau motor yang ingin masuk ke desa kami harus sangat hati-hati,” ungkapnya.
Dia mengatakan, jumlah penduduk di desa tersebut mencapai 5 ribu jiwa dan mayoritas petani karet. Dengan kondisi jalan seperti ini, warga setempat kesulitan menjual karet dan menyebabkan ongkos angkut menjadi tinggi dan petani menjadi tertekan.
”Harga karet di desa ini dihargai sangat rendah karena banyak terpotong untuk ongkos angkut. Ini juga berpengaruh dengan harga kebutuhan pokok di desa kami,” jelasnya.
Sementara Tokoh Adat Desa Tanjung Agung, Sedin (60) mengharapkan adanya perhatian pihak Pemkab Musi Rawas untuk segera melakukan perbaikan akses jalan tersebut. Karena menurutnya, jika kondisi tersebut dibiarkan maka desa tersebut akan terisolasi akibat kerusakan jalan yang semakin parah. Hal ini akan sangat menyulitkan masyarakat baik secara ekonomi mapun sosial kemasyarakatan lainnya.
”Kami sangat mohon kepada Pemerintah kabupaten Musi Rawas untuk peduli dan segera memnperbaiki kondisi jalan desa kami, karena jalan tersebut kebutuhan vital masyarakat karena akses jalan merupakan satu – satunya akses keluar masuk desa kami,” demikian harapnya. (fik)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.