Selasa, 08 November 2011

Warga Khawatir Jembatan Bayunglencir Ambruk


Sekayu, SN
Sebuah jembatan di Jalan Lintas Palembang-Jambi yang terletak di Bayunglencir, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terancam roboh. Ini sewaktu-waktu bisa terjadi, lantaran pondasi pangkal jembatan retak dan sambungannya merenggang.
Berdasarkan Pengamatan koran ini, dalam tiga hari terakhir, kondisi jembatan penghubung utama Bayunglencir-Jambi saat ini semakin parah. Kerusakan tidak terjadi pada material jembatan, melainkan pada pondasi dari beton dan ambungan yang renggang. Jika dibiarkan lebih lama, bukan tidak mungkin jembatan yang kerap dilalui kendaraan dengan beban berat tersebut ambruk.
Menurut warga yang tinggal di sekitar jembatan, kerusakan pada pangkal jembatan ini sudah terjadi sejak dua bulan lalu. Akhir Juli lalu, pangkal jembatan ini bahkan ambles hingga membuat arus lalu lintas macet total. Karena kejadian itu, Pemerintah Provinsi Sumsel melalui Satker PU Bina Marga Sumsel dibantu PU BM Muba melakukan perbaikan seadanya dengan menimbunkan semen campur batu koral.
Namun belakangan, tambalan cor tersebut mulai turun dan menimbulkan getaran berlebihan sehingga membuat pondasi jembatan retak karena sering dilalui kendaraan dengan beban berat. “Kalau dari atas memang kurang terasa parahnya jembatan ini. Tapi coba lihat dari bawah, saat kendaraan melintas, jembatan seperti mau ambruk. Apalagi keretakan pada pondasi semakin bertambah,” ujar Sulaiman, salah seorang warga Bayunglencir yang tinggal di samping jembatan kepada koran ini, Senin (7/11).
Hal senada dikatakan, beberapa warga lainnya. Kekhawatiran akan ambruknya jembatan sudah menjadi perbincangan lama di kalangan mereka. Karenanya mereka berharap, pemerintah terkait segera mengecek dan melakukan perbaikan secepatnya. Sebab jembatan tersebut, merupakan satu-satunya akses utama yang menghubungkan Bayunglencir dan Jambi.
“Kita orang awam mana tau soal jembatan. Tapi menurut kami jembatan ini suddah sangat menghawatirkan. Apa salahnya, jika yang berwenang mengecek kondisinya saat ini. Jangan sampai nanti roboh dan makan korban,” harap Sugian warga setempat. (her)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.