Kamis, 29 September 2011

Alex Noerdin Terima PRABAWA dari Menteri ESDM


KEMBALI Penghargaan tertinggi dari Pemerintah Pusat diterima Gubernur Sumsel H Alex Noerdin. Kali ini penghargaan di bidang Pertambangan dan Energi yang tertuang dalam Surat Keputusan Menteri ESDM Nomor 2230 K tahun 2001 berupa Anugerah Prabawa sebagai terbaik pertama sedangkan terbaik kedua diraih Provinsi Jawa Tengah yang diterima Gubernur Bibit Waluyo.
Penyerahan penghargaan oleh Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh itu berlangsung di tengah-tengah peringatan Hari jadi Pertambangan dan energi ke 66 di Museum Gawitra Migas-Museum Listrik Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Rabu (28/9).
Hadir dalam kesempatan itu Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta, Mantan Menteri Pertambangan Subroto dan Tokoh Pertambangan lainnya serta para pemangku kepentingan di bidang Pertambangan dan Energi.
Peringatan Hari jadi Pertambangan dan Energi kali ini ditandai dengan pelepasan burung, pelepasan balon dan penanaman pohon penghijauan di komplek Museum Migas TMII dan dalam kesempatan ini Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mewakili Mendagri Gamawan Fauzi melakukan penanaman pohon sawo kecik tepat di sisi miniatur peralatan explorasi migas bersama dengan Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh dan Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta.
Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh dalam sambutannya mengatakan Pemberian Penghargaan kepada dua Gubernur ini karena berjasa luar biasa  dalam mengimplementasikan peran, tanggung jawab dan wewenang utama Pemerintah Provinsi sebagai penggerak perubahan mewujudkan pemerataan pembangunan listrik pedesaan, pengembangan sumber daya energi dengan meningkatkan kapasitas pembangkit yang berdampak besar terhadap pembangunan sektor energi dan sumber daya mineral masyarakat bangsa dan negara.
Oleh karena itu Menteri ESDM mengajak agar keteladanan seperti ini dapat ditiru Kepala Daerah yang lain sehingga harapan akan kecukupan energi yang tetap memperhatikan lingkungan dapat terpenuhi.
Khusus untuk Sumsel menurut Darwin Gubernur Alex Noerdin telah mampu melakukan terobosan besar dibidang energi seperti masalah kelistrikan, energi alternatif, energi baru/terbarukan serta melakukan konserfasi energi dan hemat energi.        Pada bagian lain menurut Menteri sektor pertambangan dan energi masih merupakan penyumbang terbesar  APBN sekitar 30 hingga 40 persen tetapi disisi lain subsidi untuk sektor migas juga masih besar oleh karena itu kepada seluruh pemangku kepentingan di bidang energi untuk terus dapat melakukan terobosan terobosan dalam menggali potensi energi alternatif, karena menurutnya kita tidak bisa tergantung hanya dengan energi fosil.
Sementara itu Gubernur Sumsel H Alex Noerdin ditemui usai menerima penghargaan mengatakan, pihaknya merasa bersukur dan bangga atas penghargaan yang diterima dari Pemerintah Pusat, karena ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Pusat atas usaha Pemerintah Daerah yang kaya akan sumber energi.
“Jadi ini kami syukuri dan merupakan kebanggaan bagi kami atas penghargaan ini yang tentunya akan kami jadikan bahan pemacu untuk bekerja lebih baik lagi kedepanya” ujar Alex.
Walaupun diakuinya, masih ada kekurangan tetapi hal ini bukan sebagai penghalang melainkan suatu pekerjaan yang harus diselesaikan dan pihaknya akan terus melakukan pemanfaatan energi dengan sebaik baiknya dengan teteap memperhatikan kelestarian lingkungan serta yang lebih penting menurut Alex adalah pemanfaatan energi ini sebesar besarnya untuk kesejahteraan rakyat.
Pada akhir upacara juga diserahkan penghargaan kepada tokoh masyarakat pemerhati energi dan para pelaku usaha di bidang energi. (Untung Sarwono/Humas Pemprov Sumsel)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.