Kamis, 29 September 2011

Pendangkalan Sungai Enim, Ribuan Pelanggan PDAM Terancam Terganggu

Muara Enim, SN
    Musim kemarau panjang melanda serta terjadinya pendangkalan Sungai Enim, membuat PDAM Lematang Enim, terpaksa lakukan pengerukan dasar Sungai Enim dan perbaikan Intake Enim, Rabu (28/9). Imbasnya ribuan pelanggan air bersih terancam terganggu karena bahan baku air berkurang.
    Kepala Cabang PDAM Muara Enim Tonie, didampingi Direktur Bidang Tehnik Puryadi ST kepada wartawan, mengatakan pihaknya terpaksa melakukan pengerukan dasar sungai terutama di lokasi pipa intake, mengingat terjadi pendangkalan. Sedangkan untuk Lapas Muara Enim yang mengalami kekurangan air bersih, dibantu empat tangki sehari sampai normal.
    Dilanjutkan Tonie, semenjak intake tersebut dibangun yakni tahun 2000 lalu, baru tahun ini mendapat masalah. Hal ini diakibatkan, musim kemarau yang cukup panjang dan ekstrim sehingga menyebabkan debit air Sungai Enim mengecil dan menjadi dangkal sehingga pipanisasi untuk intake penyedot air timbul di atas permukaan air dan tidak bisa lagi menyedot air. Untuk itu, pihaknya terpaksa melakukan pendalaman satu meter dari pipa yang lama.
    Dijelaskannya kembali, untuk pipa yang lama yang ukurannya 300 melimeter (mm) atau 12 inci, dengan kapasitas intake 50 ribu liter perdetik, yang bisa memasok air baku Sungai Enim untuk 3000 pelanggan.
    Namun sejak, Senin (26/9) lalu, debit air Sungai Enim terus menurun dan mengecil, sehingga benar-benar tidak bisa lagi digunakan dengan maksimal. Dan jika intakennya terganggu otomatis menganggu ribuan pelanggan air bersih seperti di wilayah rumah tumbuh, Islamic Centre serta Lapas.
    Sedangkan untuk intake satunya lagi yang berada di Sungai Lematang dengan kapasitas 60 ribu liter perdetik tidak ada masalah. Saat ini, pipa lama yakni dua pipa asbes ukuran 8 inci diganti dengan pipa PVC baru ukuran 12 inci dan 8 inci.
    “Khusus masalah Lapas Muara Enim, tidak usah khawatir, kita secara rutin akan terus memasok air bersih sebanyak empat tangki perhari,” ungkapnya. (yud)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.