Kamis, 29 September 2011

Rapor Merah Untuk Semua Menteri!

Jakarta, SN
Akhir bulan ini Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) menyerahkan laporan evaluasi rutin kinerja KIB II. Hingga kini masih ada saja pos kementerian yang mendapatkan nilai merah dalam rapor mereka.
“Tetap ada yang merah, merata di semua kementerian,” kata Ketua UKP4, Kuntoro Mangkusubroto, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/9).
Kuntoro menolak menyebutkan kementerian apa yang capaian kinerjanya belum sesuai target. Dia juga menolak dari bidang apakah kementerian tersebut sebab tidak berwenang untuk mengumumkannya.
“Yang jelas merahnya karena tidak tercapai apa yang direncanakan di awal tahun,” sambung mantan Kepala BRR Aceh-Nias itu.
Dia menjelaskan, yang menjadi patokan UKP4 lakukan penilaian adalah proposal rencana program kerja yang diajukan kementerian di awal tahun. Atas dasar data target waktu capaian setiap program kerja, tim UKP4 lakukan verifikasi ke lapangan untuk bisa melihat langsung realisasinya.
“Tidak mencapai sasaran, ada macam-macam sebabnya. Bila berhubungan pengadaan lahan, itu belum siap. Bila karena lambatnya pekerjaan, koordinasinya dengan daerah belum berjalan baik dan itu sebab itu program belum berjalan baik,” papar Kuntoro.
Lebih lanjut dia menegaskan, bila penilaian UKP4 tidak mencakup pada faktor integritas menteri. Penilaian integritas merupakan wewenang Presiden SBY.
“Saya mengevaluasi kementerian, bukan mengevaluasi menteri,” tegas Kuntoro. (lh/gun)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.