Senin, 14 November 2011

Danau Ranau Tercemar, Pemkab Didesak Lakukan Restoking


Muaradua,SN

Sebagian nelayan di Kabupaten OKU Selatan resah karena hasil tangkapan ikan menurun. Hal tersebut diduga disebabkan Danau
Ranau tercemar belerang sehingga berdampak pada puluhan ton mati mendadak beberapa bulan lalu. Terkait hal tersebut nelayan di Kabupaten OKU Selatan mendesak pemerintah setempat melakukan Restoking (Penebaran benih ikan).
Minimnya hasil tangkapan menurut Risdianto selaku Ketua Pemuda Desa Way Wangi semenjak beberapa tahun terakhir terlebih lagi setelah Danau Ranau tercemar belerang Gunung Seminung puluhan ton ikan mati mendadak. "Sangat disayangkan pemerintah setempat tidak terpikirkan melakukan normalisasi dengan melakukan restocking. Sudah lama tidak diadakan penebaran benih ikan di Danau Ranau. Kalau dulu pernah dilakukan beberapa kali tapi kenapa sekarang tidak lagi,”kata Risdianto dengan nada kecewa
saat di bincangi beberap waktu lalu.
Terpisah Anggota DPRD OKU Selatan Dapil dua (II), Irawan Abizar mengatakan, kebutuhan akan konsumsi ikan khususnya untuk memenuhi kebutuhan lokal yang selama ini adalah hasil yang dilakukan nelayan. Melalui penangkapan ikan di perairan umum Danau Ranau menggunakan jenis alat tangkap yang bersifat tradisional .
"Hal ini perlu diupayakan pemerintah dalam hal ini Dinas Perikanan dan Peternakan jangan tutup mata perlu dilakukan tindakan bijak dengan adanya pengelolaan dalam Bentuk Restocking
. Sebagai salah satu upaya kegiatan perikanan dalam memanfaatkan
sumber daya secara berkesinambungan,” tandasnya.
Menurutnya, sumberdaya perairan umum Danau Ranau sebagai akibat terjadinya penurunan tingkat produktifitas perairan dan produksi ikan. Serta hilangnya beberapa spesies endemik sehingga sebagai dampak negatif lanjutannya adalah menurunnya daya dukung perairan.
"Karena itu perlu mendapat perhatian yang serius oleh
pemerintah untuk segera melakukan suatu tindakan. Dengan melakukan restocking. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pengendalian utamanya menambah produktifitas tani nelayan setempat,”pungkasnya. (dan)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.