Senin, 14 November 2011

Pembangunan Fly Over Simpang Jakabaring Tertunda


Palembang, SN

Rencana pembangunan fly over atau jembatan layang di simpang Jakabaring pada 2012, dipastikan tertunda. Pasalnya, dalam RAPBD Sumsel 2012, pembangunan fly over itu tidak dianggarkan.
Hal ini diungkapkan Anggota Komisi IV DPRD Sumsel, M F Ridho, kemarin (10/11). Menurutnya, salah satu penyebab tidak dianggarkannya pembangunan fly over simpang Jakabaring adalah berkurangnya anggaran di Dinas PU Bina Marga, dari yang diusulkan Rp 800 miliar, yang terealisasi di APBD 2012 hanya Rp 512 miliar.
“Awalnya pada 2012 ada rencana buat Fly Over, khususnya di daerah Seberang Ulu mengarah ke Ampera. Bahkan sudah masuk dalam program PU BM. Bahkan DED-nya sudah siap. Sayangnya saat pembahasan program tidak dialokasikan sebab dana jauh berkurang dari 800 miliar jadi 512 miliar,” kata Ridho.
Namun demikian, pihaknya sedang mengusahakan, agar hal yang menunjang pembangunan fly over simpang Jakabaring dipersiapkan dahulu di 2012, kendati pembangunannya belum dimulai.
“Jalur alternatif juga harus disiapkan, jangan sampai pada pelaksanaanya nanti bingung mau lewat mana, Itu sebabnya kami berharap ada anggaran untuk persiapan utilitas dan pekerjaan pendahuluan dan jalur alternatif,” kata dia.
Sementara Wakil Ketua Komisi IV DPRD Sumsel, Ahmad Yani mengatakan pada saat pembangunan nanti pasti akan menimbulkan kemacetan. Itu sebabnya, pihaknya berharap tahun 2012 ini bisa dilakukan persiapan dan 2013 sudah bisa dikerjakan dan tanpa hambatan.
“Kita tahu lalulintas di simpang jakabaring sangat padat, itu sebabnya kita punya waktu satu tahun untuk menyelesaikan masalah pengalihan rute alternatif saat pembangunan mulai berjalan. Selain itu yang tak kalah penting yakni menyelesaikan masalah utilitas terlebih dahulu, seperti memindahkan pipa PDAM, tiang listrik, kabel provider telpon, atau apapun yang nantinya menghambat pembangunan jalan layang,” katanya.
"Kita akan mengusahakan agar biaya persiapan seperti itu, dapat dianggarkan di APBD Sumsel 2012," tambah dia. (awj)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.