Senin, 14 November 2011

Warga Protes Galian Kabel Telkom


* Hanya Diperbaiki Seadanya

Prabumulih, SN
Pelaksanaan pekerjaan galian penanaman kabel optik untuk jaringan speedy Telkom di wilayah Kota Prabumulih, belakangan ini mulai menuai protes warga. Aksi protes warga timbul, menyusul banyaknya bekas galian di sejumlah titik lokasi galian yang hanya diperbaiki seadanya oleh pekerja perusahaan kontraktor PT Deta Kreasi dari Jakarta, bahkan badan jalan aspal ada yang rusak.
Menurut Mufit (51), warga Jalan Arimbi Kecamatan Prabumulih Timur, pelaksana kontraktor dinilainya hanya bekerja mengambil mudahnya saja dan terkesan asal–asalan. Selain tanpa memerhatikan dampak lingkungan yang ditimbulkan akibat pelaksanaan galian tersebut, juga menghambat program Pemerintah Kota Prabumulih dalam mewujudkan meraih Piala Adipura tahun 2012.
Sebab lingkungan disekitar jalan yang sudah tertata rapi dan indah, menjadi rusak akibat bekas galian mereka yang tidak diperbaiki seperti semula,” kritik bapak empat anak ini.
Dia menyebutkan, dari pelaksanaan pekerjaan galian penanaman kabel sepanjang sekitar 5 kilometer dalam wilayah Kota Prabumulih, banyak ditemukan sengaja ditelantarkan dan andaipun diperbaiki hanya ditutupi dari bekas tanah galian kabel optik itu sendiri. Kondisi itu justru dikhawatirkannya dapat mengancam keselamatan para pengguna jalan, khususnya pengendara sepeda motor.
{ernah kejadian beberapa tahun lalu, di Jalan Tampomas akibat bekas galian kabel seperti itu juga dan hanya diperbaiki dengan menutup bekas tanah galian tersebut hampir mencelakakan pengendara motor yang terpental dari bangku jok motornya setelah roda ban depan kendaraannya terjebak dan terperosok amblas masuk ke dalam lubang bekas galian kabel itu,” kenang Nasir, khawatir peristiwa tersebut terulang kembali dan membahayakan pengguna jalan.
Kecemasan serupa juga dikatakan Sugeng (34), warga Jalan Gunung Kemala, Kecamatan Prabumulih Barat. Kendaraan motornya pernah hampir terbalik karena sempat kehilangan keseimbangan setelah ban sepeda motor yang dikemudikannya masuk ke dalam lubang bekas galian kabel serat optik tersebut.
Namun beruntung dikatakannya, saat kejadian kondisi lalu lintas di jalan itu masih sepi sehingga dirinya dan motornya selamat. “Yo untung be dak katek mobil dan motor lain lewat. Kalu idak, itu gara–gara ban motor aku masuk lubang bekas galian yang aku kiro sudah dibeneri dan padet,” ujarnya.
Sebelumnya, Manager PT Deta Kreasi Tonius mengatakan, pihaknya sudah memberikan keterangan kepada Wakil Walikota Prabumulih Ir Ridho Yahya MM, terkait keluhan masyarakat dan sejumlah Kecamatan yang wilayahnya terkena proyek pemasangan kabel optik speedy Telkom tersebut.
“Tidak benar itu pak, boleh bapak cek di lapangan yang mana bekas galian pekerjaan kami yang tidak diperbaiki. Bahkan hal ini juga sudah kami beritahukan langsung kepada bapak Wakil Walikota Prabumulih, bapak Ridho Yahya, siang tadi di ruangannya,” ungkap Tonius. (and)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.