Senin, 09 Januari 2012

Dishub Tingkatkan Sopir Bersertifikasi

Palembang, SN

Maraknya serta meningkatnya jumlah sopir tembak yang beroprasi di Kota Palembang serta membuat resah para pengguna jasa angkutan membuat Dinas Perhubungan (dishub) Kota Palembang akan lebih meningkatkan jumlah sopir yang lolos uji sertifikasi.
Upaya itu dilakukan dengan membuka kursus sertifikasi pengemudi angkutan umum (SPAU). Sejauh ini, hingga penghujung 2011, tak kurang sekitar 640 sopir sudah mendapatkan sertifikat ini. Namun, jumlah ini terbilang masih sedikit dibandingkan jumlah supir di Kota Palembang yang mencapai 3.000-an orang. Untuk itu, Dishub berjanji bakal terus meningkatkan jumlah supir bersertifikasi pada tahun-tahun mendatang hingga akhirnya seluruh sopir memiliki sertifikat.
“Mengenai seragam untuk pengemudi angkot dan bus kota, memang sudah kami bahas dan telah diketahui wali kota. Dengan seragam itu, kami harap tidak ada lagi sopir tembak. Soalnya seragam itu menjadi identitas mereka, jadi masyarakat juga tahu dan tidak khawatir lagi saat menaiki angkot,” kata Kadishub,Masripin. Nantinya setelah seluruh sopir mengikuti SPAU, diharapkan para sopir bus kota dan angkutan umum lebih tertib beroperasi di jalan raya. Ini juga sekaligus membentuk jiwa disiplin para pengemudi kendaraan umum di Kota Palembang.
Pasalnya, saat pembinaan, Dishub biasanya melibatkan Detasemen Polisi Militer TNI. “Rencananya kita juga dibantu pihak Satlantas dan Organisasi Angkutan Darat (Organda) serta dinas terkait lainnya agar setiap sopir memiliki jiwa disiplin dan bisa melakukan tugasnya sebaik mungkin,” ungkapnya. Pada saat pembekalan, setiap instansi akan memberikan pembinaan untuk sopir sesuai bidang masing-masing.
Misalnya, kedisiplinan dibina langsung Denpom, etika mengemudi oleh kepolisian, pengetahuan mengenai angkutan oleh pihak Organda. “Bukan hanya itu, mereka juga mendapat materi kerohanian. Pelatihan ini dilakukan selama tiga hari di Kantor Diklat Penerbangan Palembang. Selama pelatihan, sopir akan mendapatkan materi yang lengkap,”katanya.
Namun,jika di lapangan sopir masih tetap ugal-ugalan, Dishub bersama Satlantas tak segan akan memberikan tindakan tegas.(win)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.