Jumat, 30 September 2011

Tujuh Korban Diduga Keracunan Jamur

Lahat, SN
Sekeluarga besar sebanyak 7 orang anggota keluarganya terkulai lemas di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah (IGD RSUD) Lahat, Kamis (29/9) sekitar pukul 11.00.
Sekeluarga  yang diduga keracunan jamur yang diambil dari kebunnya ini adalah Nita (28), Nela (28), Solehana (37), Elva (15), Fauzi (2,9), Tedi (16) dan Revka (9 bulan) yang merupakan warga Desa Nantal, Kecamatan Kota Lahat.
Menurut pengakuan salah satu anggota keluarga yakni Elva (15) dirinya pagi itu sekitar pukul 9.00 WIB sarapan dengan pindang jamur yang dibawa dari kebun oleh seorang pamannya.
“Cik Sep (Sepran) yang bawa jamur tu ke rumah terus kami masak dan pagi ni dimakan same-same.  Dak lame tu kami pening dan mual-mual juga sebagian ada yang muntah,” kata Elva agak takut-takut kepada SN, kemarin (29/9).
 Menurut Elva bahwa gejala itu tampak sekitar 15 menit dari waktu mereka memakan jamur yang dimasak tersebut, demikian pengakuannya saat diperiksa oleh petugas rumah sakit.
 Hal ini dibenarkan Kepala IGD RSUD Lahat Raden, bahwa ketujuh pasien yang datang ini diduga akibat keracunan jamur yang mereka masak. “Gejala dari ketujuh pasien ini ada yang mual-mual disertai muntah dan ada juga yang disertai diare,” jelas Raden.
Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Lahat dr Muzakir SH saat dikonfirmasi mengatakan bahwa Dinkes sudah menurunkan petugas ke lapangan. Untuk mengambil sample yang ada untuk diperiksa, sementara ini diduga berasal dari jamur tersebut keracunan yang dialami keluarga ini.
“Sampel Makanan dan sisa muntahan, dibawa untuk diperiksa di laboratorium di Palembang. Hanya saja kita berpesan kepada masyarakat apabila menemukan jamur dalam jumlah banyak apalagi masyarakat Nantal untuk tidak memakannya daripada terjadi hal yang sama pada diri mereka,” jelas Muzakir menambahkan. (riz)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.