Selasa, 11 Oktober 2011

Warga Tanjung Sakti Gagal Panen

Lahat, SN
    Reses yang dilakukan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat, daerah pemilihan (dapil) IV terdiri dari, Drs Farhan Berza MM MBA, Gaharu SE MM, Sulardi SH, Nazuri SE, Jhon Sarwedi, Wirlan AW, Kusardin Spdi, Idaman, dan Ardiansyah Wahab dibagi menjadi dua kelompok, yakni, Kecamatan Tanjung Sakti Pumu dan Pumi serta Pajar Bulan, Jarai, Muara Payang.
    Farhan Berza mengatakan, khusus bagi warga Kecamatan Tanjung Sakti, kali ini petani disana mengalami kegagalan panen baik padi dan kopi yang memang menjadi komoditi andalan penduduk desa.
        “Petani di dua kecamatan itu mengalami kegagalan panen baik tanaman padi maupun kopi yang mayoritas merupakan produk andalan masyarakat desa.
    Hal ini dipicu tidak lain, pengaruh cuaca sedang memasuki musim kemarau, pengairan irigasi yang kurang memadai dan juga faktor alam tidak begitu mendukung.
    “Di Tanjung Sakti Pumu dan Pumi kebanyakan irigasi tidak permanen, sehingga suplai air menuju ke areal persawahan warga tidak begitu baik. Lain halnya di daerah Belitang maupun Lampung, dimana disana didukung sepenuhnya dan hasil panen didapatkan memuaskan,” ungkap Farhan.
    Selain itu lanjut Farhan, dengan euforia perusahaan bergerak di bidang penambangan batubara di Kabupaten Lahat ini, tentunya membawa perubahan mendasar dari segi pendapatan asli daerah (PAD), sehingga pemerintah daerah (pemda) dapat melakukan pembangunan lebih baik.
    “Dengan kondisi sekarang ini, pihak pemerintah dan perusahaan swasta agar lebih peka, dimana, perusahaan melalui CSR tentunnya dapat membantu pembangunan di Bumi Seganti Setungguan lebih maju,” paparnya.
    Ia mengharapkan, kiranya pihak Pemda Lahat maupun perusahaan swasta serta masyarakat bersinergis dalam menjalankan program-program dan tidak terjadi kesenjangan.
    “DPRD Lahat akan berupaya semaksimal mungkin, agar PAD meningkat dan membawa pengaruh dengan APBD kedepan, dan ini diharapkan 2012 total belanja daerah tembus Rp 1,2 triliun dan tidak tutup kemungkinan pembangunan di seluruh Lahat merata dan tidak ada lagi areal belum menikmati program pemda Lahat,” tandas Farhan. (zal)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.