Rabu, 12 Oktober 2011

Desa Pulau Semambu Jadi Pusat Unggas

* Target Produksi 15 Juta Ekor Pertahun 

Indralaya, SN
    Para investor terus membidik Kabupaten Ogan Ilir (OI) untuk dijadikan pengembangan berbagai usaha produktif. Salah satunya Desa Pulau Semambu Kecamatan Indralaya Utara yang diperkirakan 2012 mendatang bakal menjadi tempat pusat pengembangbiakan ternak unggas.
    Pengembangan usaha tersebut akan bekerjasama dengan PT Malindo Feedmill. Pemkab OI sendiri akan membebaskan lahan seluas 30 Ha yang diperuntukkan beternak 15 juta ayam ras umur 1 hari.
    Hal tersebut seperti dikatakan Kadis Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) H Noorman Yusalwan didampingi Kabid Peternakan Yufitriyan baru-baru ini.
    Menurutnya MoU kerjasama tersebut saat ini tengah dijajaki dengan perusahaan yang berpusat di Malaysia tersebut.
    “Yang jelas pengurusan surat izin sedang diurus, kemungkinan awal 2012 sudah dilakukan pembebasan lahan 30 hektar oleh perusahaan tersebut. Sedangkan untuk lokasinya, , akan dipilih Desa Pulau Smeambu karena letaknya strategis dekat dengan berbagai penjuru kabupaten selain itu Desa tersebut dekat dengan Kota Palembang,”  katanya.
    Produksi ternak terebut akan ditargetkan psebanyak 15 juta ekor anak ayam umur 1 hari/tahun. Kalau ini berhasil Kabupaten OI akan jadi pusatnya unggas.
    Menurutnya, selama ini untuk pembibitan selalu didatangkan dari Lampung dan Jambi, namun apabila hal tersebut dapat terealisasi maka pembibitan ternak khususnya ayam ras bisa dilakukan di Sumsel dengan harga yang relatif lebih murah.
    Selain itu, masih katanya, ke depan OI juga bakal menjadi pusat penggemukan ternak yang berlokasi di Desa Tanjung Pering Kecamatan Indralaya Utara dengan luas areal 100 hektar yang bekerjasama dengan PT Indah Gemilang Perkasa Jakarta.
    “Sekarang tahapannya masih dalam proses penjajakan karena akan bekerjasama juga dengan pengusaha dari Australia, untuk penggemukan dan pengembangbiakan sapi Australia. Kalau bisa ini akan dilakukan bersama dengan ternak unggas akan lebih baik lagi dan banyak manfaatnya,” ujarnya sambil menambahkan, selain memenuhi kuota kebutuhan daging daerah dan nasional juga dapat menyerap tenaga kerja yang besar yang berujung pada peningkatan ekonomi rakyat dan PAD. (man)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.