Rabu, 05 Oktober 2011

Jangan Lupakan Rakyat Sumsel dan Sukses Prestasi

Oleh Agus Harizal Alwie Tjikmat

     EVEN besar SEA Games 2011 di Palembang Sumsel adalah sasaran antara untuk membidik tujuan utama bagi kemajuan menyeluruh untuk Bumi Sriwijaya. Untuk itu rakyat Sumsel diminta berperan penuh menyukseskan perhelatan akbar tersebut.
     Begitu banyak investor yang melirik Sumsel, karena pesta olahraga Negara Asia Tenggara tersebut digelar disini. Rakyat harus berperan dan dilibatkan. Tetapi jangan juga dilupakan, untuk sukses prestasi. Mengingatkan ini sangat penting karena gegap gempita SEA Games  sepertinya hanya terfokus untuk mengejar penyelesaian venues.
    Memang ada keraguan di banyak pihak, tetapi Gubernur  dan  Menpora Andi Mallarangeng tetap optimistis SEA Games ke-26 pada 11-22 November 2011 nanti akan sukses, meski masih ada beberapa hal yang harus diselesaikan. Tetapi optimis ini apakah termasuk capaian untuk sukses prestasi juga sukses penyelenggaraan.
    Memang ada tiga capaian untuk pesta SEA Games ini, sukses penyelengaraan, sukses prestasi maupun sukses pemberdayaan ekonomi kerakyatan. Cita-cita mulia dengan momentum SEA Games dapat meningkatkan  pemberdayaan ekonomi rakyat, karena dampak ekonomi yang akan ditimbulkan dari penyelenggaraan SEA Games ini sangat luar biasa, adalah  hal prioritas.
    Contoh kecil hal yang dapat dilakukan masyarakat Bumi Sriwijaya adalah penyediaan cinderamata atau souvenir. Kondisi ini harusnya segera diantisipasi sejak jauh hari.  Peluang untuk melibatkan rakyat Sumsel secara utuh juga banyak di berbagai kegiatan SEA Games.
    Memperdebatkan bagaimana melibatkan rakyat secara utuh sangat utama. Contoh kasus saat ada  tawaran bantuan pakaian perlengkapan olahraga dan uang dari China. Memang bila ini diambil, jalan pintas  atau memudahkan kerja dapat dilakukan. Tetapi cita-cita lain dari SEA Games XXVI harus diikuti, sukses pemberdayaan perekonomian rakyat.
    SEA Games sangat jelas akan membuka peluang bagi pemberdayaan ekonomi rakyat.  Akan ada efek positif terutama di bidang ekonomi.  Sumsel sebagai tuan rumah SEA Games punya harapan tersendiri dalam ajang internasional tersebut meliputi tiga harapan, yaitu sukses prestasi, sukses penyelengaraan dan sukses perekonomian. (***)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.