Rabu, 05 Oktober 2011

Warga HArus Waspada DBD

Pagaralam, SN
    Dinas Kesehatan Kota Pagaralam, mengimbau warga setempat agar waspada terhadap berjangkitnya penyakit Demam Berdarah Dengeu (DBD) memasuki musim penghujan saat ini. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pagaralam, dr H Rasyidi Amri, Selasa (4/10).
   Menurutnya, seluruh kecamatan di Pagaralam rawan DBD, diharapkan warga bisa melakukan upaya prenventif mengantisipasi timbulnya penyakit itu.
    "Warga dapat melakukan kegiatan gotong royong, membersihkan lingkungan tempat tinggal secara teratur. Selain itu menjalankan program 3 M yaitu, menguras, menimbun dan menutup semua wadah penampungan air," ungkap dia lagi.
    Dia mengatakan, mengingat saat ini musim penghujan, perkembangan jentik nyamuk Aedes Aegypti lebih cepat terutama pada tempat yang ada genangan air.
    "Memang Pagaralam bukan daerah tempat yang mudah berjangkit nyamuk demam berdarah, tapi terkadang sering timbul tanpa diketahui asalnya," ungkap dia.
    "Nyamuk yang bertelur di wadah berisi air, akan menetaskan larvanya menjadi jentik nyamuk. Setelah itu nyamuk-nyamuk ini akan menjadi nyamuk dewasa dan berterbangan menggigit warga, serta menularkannya," kata dia pula.
    Rasyidi mengaku sejauh ini sudah mengintruksikan kepada seluruh Kepala Puskesmas di seluruh Pagaralam untuk mensosialisasikan kepada masyarakat luas agar waspada terhadap DBD.
    Rasyidi menambahkan, meski ada tindakan pengasapan atau juga bubuk abate, namun program 3 M jauh lebih efektif untuk mencegah timbulnya penyakit DBD. (asn)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.