Rabu, 05 Oktober 2011

Puskesmas Timbangan Tolak Pasien

INDERALAYA –
Bukannya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, Sebaliknya Puskesmas Timbangan,  Inderalaya Utara, Ogan Ilir, malah menolak pasien.

Pelayanan kurang menyenangkan tersebut dialami Damsir, 40, warga Kelurahan Timbangan, Inderalaya, saat mengantar anaknya, Muhammad Naufal, 6,5, berobat di rumah sakit tersebut,kemarin sekitar pukul 14.30 WIB. Damsir mengaku bersama istrinya bermaksud membawa anaknya yang terkena muntaber ke Puskesmas Timbangan, dengan pertimbangan jarak tempat tinggal yang tidak jauh dari puskesmas.

Namun, harapan anaknya akan memperoleh pengobatan sirna karena ditolak tenaga medis puskesmas. “Alasannya, saat itu tidak ada bidan dan kami disarankan untuk berobat ke bidan yang praktik,” ujarnya. Mendapat perlakuan itu, Damsir kecewa dan pulang dengan tubuh lemas. Padahal, kondisi anak saya itu sudah kelihatan cukup lemah karena wajahnya sudah pucat serta bibirnya mulai membiru.

“Karena sudah ditolak untuk berobat di puskesmas,terpaksa saya dan istri membawa anak berobat ke bidan praktik terdekat,” ujarnya. Namun, saat sampai ke bidan praktik, dia malah dianjurkan ke bagian UGD Puskesmas Inderalaya karena kondisi anaknya sudah sangat lemah.“ Waktu itu,saya sudah sangat bingung,panik,dan kesal, seolah dilempar ke sana ke mari. Akhirnya, saya putuskan membawa anak saya ke UGD Puskemas Indralaya untuk dirawat inap,”tukasnya.

Atas kejadian ini,dia mengaku sangat kecewa dengan pelayanan Puskesmas Timbangan yang tidak optimal, apalagi saat itu memang anaknya sangat butuh pertolongan cepat.“Bagaimana kalau anak saya sampai meninggal karena terlambat memperoleh pertolongan, siapa yang bertanggung jawab?”tuturnya.

Dia juga mempertanyakan wujud pelayanan berobat gratis yang dicanangkan pemerintah, yang menurutnya berbanding terbalik dengan kesiapan petugas medis saat dibutuhkan. “Masak petugas medisnya tidak ada di tempat,” kecamnya. Sementara itu,Kepala Puskesmas Timbangan dr Oka,ketika dikonfirmasi,ponselnya tidak diangkat. Namun, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OI Kosasi dihubungi via ponselnya berjanji segera menindaklanjuti laporan tersebut.(muh/sin/net)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.