Senin, 31 Oktober 2011

Ratusan Pelajar Ikuti Pelatihan Jurnalistik


Muara Enim, SN
Pelatihan jurnalistik yang diikuti ratusan pelajar dari dua kabupaten yakni, Muara Enim dan Lahat tak hanya memberikan bekal kemampuan dalam menulis dan pengetahuan dalam menggali informasi saja, tetapi tak kala pentingnya para pelajar harus dapat lebih kritis, yang sifatnya membangun.
Demikian diungkapkan ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel, Oktaf Riady ketika memberikan sambutan dalam acara pelatihan junalistik yang berlangsung, Sabtu dan Minggu (30/10) di Gedung Serba Guna PTBA Tanjung Enim.
“Pelatihan jurnalistik akan berguna bagi pelajar di sekolah, mengingat, berbagai aktifitas sekolah seperti buletin dan majalah
dinding menjadi kegiatan sekolah yang dapat memberikan kreatifitas pelajar,” ungkap Oktaf.
Melalui wadah itu lah, kata Oktaf, para pelajar diharapkan dapat mengembangkan ide-ide pemikirannya dalam bentuk tulisan sehingga karyanya dapat bermanfaat bagi pelajar maupun elemen sekolah lainnya.
Namun yang terpenting lanjut Oktaf, para pelajar harus berani untuk kritis, dilingkungan sekolah. Sebab, kritis tersebut demi memberikan perubahan dan kemajuan sekolah itu sendiri.
Oktaf juga meminta kepada penyelenggara yakni PTBA, bagi para pelajar terbaik dalam mengikuti pelatihan ini nantinya diberikan kesempatan untuk menulis di buletin PTBA. Hal tersebut tentunya memberikan pengalaman kepada para pelajar itu sendiri.
Dilanjutkan, Senior Manager (SM) CSR PTBA Muhammad Hatta, program pelatihan ini merupakan salah bentuk perhatian PTBA terhadap bidang pendidikan, khususnya jurnalistik.
Dimana, saat pemahanan dan pengetahuan terhadap jurnalistik akan menjadi hal yang sangat penting. Sebab, jurnalistik sudah tidak bisa lagi terlepas dari kehidupan setiap orang. Seperti terkait dengan berbagai informasi yang di dapatkannya dari berbagai media. Baik cetak ataupun elektronik.
“Saat ini, para pelajar sudah selayaknya dibekali dengan pemahaman dan pengetahuan tentang jurnalistik. Sehingga, mereka bisa menyerap setiap informasi yang ada dengan baik dan selektif,” ujar Hatta.
Menurut Hatta, pendidikan jurnalistik juga dapat mengasah kemampuan menulis para siswa. Sehingga, bila selama ini siswa hanya mampu membaca ataupun mengkases informasi, maka dengan adanya kemampuan ini siSwa juga dapat menuliskannya. Hal ini, tentunya akan membuka wawasan dan cara berpikir siswa menjadi lebih kreatif.
Pelatihan jurnalistik ini merupakan program kerja PTBA melalui program Coorporate Sosial Responsibulity (CSR) bekerjasama dengan Management Press (MNP) Sumatera Selatan. (yud)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.