Senin, 12 Maret 2012

SMKN 1 Sekayu Dapat ISO 9001:2008

Sekayu, SN
SMK Negeri 1 Sekayu, mendapatkan ISO 9001:2008 dari PT Sucofindo di bidang administrasi dan mutu sekolah. Sekolah ini merupakan sekolah ke tiga yang menerima penghargaan di Kabupaten Muba.

Menurut Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sekayu, Dra Pariati, penghargaan tersebut berlaku tiga tahun sejak tanggal 25 Januari 2012 hingga 24 Januari 2015. "Penghargaan ini dalam hal administrasi sekolah dimana kita sudah ada standarisasi pada berbagai kegiatan dan manajemen di sekolah," jelasnya pada koran ini, Jumat (9/3)

Sebelum menerima ISO 9001:2008, pihak sekolah sudah membentuk panitia kecil untuk membuat Standar Operational Procedure (SOP) bagi sekolah. SOP tersebut dibuat agar sistem manajemen sekolah baik dalam memberikan kurikulum sekolah ataupun dalam pengangkatan guru, sudah sesuai prosedur yang diatur. Pembuatan SOP ini sudah dimulai sejak Juli 2011 dengan menghasilkan sembilan SOP saat ini.

Pariati mencontohkan, dulu sebelum ada SOP, kepala sekolah bisa mengangkat guru sekehendak hatinya atau mengangkat orang terdekat untuk menduduki jabatan. Namun setelah SOP ini, tidak ada lagi tindakan nakal dari oknum seperti itu yang bisa menjatuhkan nama baik sekolah.

"Secara teratur kita melakukan pemeriksaan internal di manajemen kita dan SOP kita, apakah sudah sesuai dengan standar yang dibuat, kalau melenceng, akan diperbaiki," jelasnya.

Pemeriksaan internal tersebut menurut Pariati, dilakukan secara silang antar bagian di manajeman internal sekolah. Sehingga tiap bagian bisa mengoreksi bagian lain yang tidak sesuai SOP.

Tidak hanya pemeriksaan internal saja, Pariati menegaskan, sekolah juga diperiksa satu tahan sekali oleh eksternal auditor secara langsung dari PT Sucofindo Jakarta.

Di SMK Negeri 1 Sekayu, ada empat kompetensi keahlian di sekolah tersebut yakni Akuntansi, Pemasaran, Administrasi Kantor dan Akomodasi Perhotelan dengan 727 siswa. Pariati berharap, dengan diterimanya ISO 9001:2008, mereka bisa meningkatkan pelayanan pada siswa dan meningkatkan pengajaran dalam belajar. "Rencananya akan lakukan launching, tapi belum tahu pastinya," katanya. (her)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.