Rabu, 18 Januari 2012

Dinkes Temukan Penderita Kanker Kulit


* Zabidi Dirujuk ke RSMH

Banyuasin, SN
Kunjungan Kepala Dinas Kesehatan dr Ayuhana Awam MSi ke rumah Zabidi (54), penderita penyakit aneh di LK VI Manggus Kelurahan Pangkalan Balai, dikejutkan dengan temuan baru. Ternyata dirumah panggung No 14 Rt 30, terbaring pula Irman (19), keponakan Zabidi. Irman sejak beberapa bulan ini divonis dokter mengidap penyakit TBC kulit. “ Ini kok seperti ini,“ ujar Ayuhana.
Hampir seluruh tubuh Irman dipenuhi dengan bercak berwarna putih, selain itu tubuh remaja ini terlihat sangat kurus. Ia hanya terbaring ditempat tidur dibagian belakang rumah.
“Sudah diobati bu ke Palembang, berobatnya dengan dr Suroso, katanya dia ahli penyakit kulit. Obatnya juga sudah saya habiskan, sekarang saya sudah tidak makan obat lagi, tidak ada uang untuk menebus obat," keluh Irman.
Ayuhana mengatakan, penyakit yang diderita oleh paman dan keponakan ini, seharusnya bisa segera diatasi kalau diberikan pengobatan secara rutin. Untuk kasus yang dialami oleh Zabidi, kata Ayuhana memang disebut Neurofibroma.
“ Penyakit ini memang bukan tergolong penyakit yang mudah menular, namun lebih disebabkan karena gangguan pada saraf. “ ulasnya.
Dinas Kesehatan sendiri, kata Ayuhana akan melakukan memberikan pengobatan secara rutin. Soal biaya pengobatan semuanya akan ditanggung pemerintah.
“Besok (hari ini) keduanya akan kita bawa ke RSMH Palembang, disana pengobatannya bisa dilakukan secara intensif, selain itu peralatannya memang juga sudah lengkap. Jadi bapak tidak perlu bingung soal biaya, yang penting bapak mau penyakit bapak ini diobati, biayanya biar semua ditanggung oleh pemerintah melalui Jamsoskes mapun Jamkesmas," jelasnya.
Terpisah, Indra keponakan Zabidi sekaligus kakak Irman mengaku sangat senang dengan rencana pengobatan gratis yang akan diberikan kepada paman dan adik kandungnya.
Menurut Indra, secara fisik kedua paman dan keponakan ini sudah tidak bisa berbuat apa-apa lagi. “Kalau sekedar untuk makan atau mandi memang mereka masih bisa sendiri, tetapi tidak bisa membantu mencari nafkah, sementara kami ini tidak ada penghasilan lain selain berkebon," ucapnya. (sir)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.