Jumat, 04 November 2011

2 rumah, 4 Motor dan 80 Suku Emas Ludes Terbakar

Kayuagung, SN
Kebakaran rumah kembali lagi terjadi di Kabupaten OKI. Setelah beberapa bulan lalu ratusan rumah di Desa Sungai Lumpur Kecamatan Sungai Menang dilalap api, kini Si Jago Merah meludeskan dua unit rumah di Desa Ulak Kedondong Dusun IV Kecamatan Cengal.
Peristiwa ini terjadi Senin (31/10) sekitar pukul 03 30 WIB, namun baru diketahui media kemarin. Kemarin juga berbagai bantuan dari Dinsos OKI dan Setda OKI diberikan kepada masing-masing korban, kini penghuni rumah mengungsi di rumah keluarga mereka di desa setempat.
Romli SSos MSi selaku Camat Cengal saat dikonfirmasi melalui telpon seluler kemarin siang menjelaskan, kedua rumah yang semuanya berbentuk panggung ini masing-masing milik Herman dan Matdina. Rumah Matdina juga dihuni keluarga lain yang merupakan anak menantunya namun camat tidak mengetahui identitasnya.
Dipaparkan camat, kerugian yang ditaksir dari kedua rumah ini mencapai sekitar Rp 600 juta. Selain membumi hanguskan bangunan rumah, apipun menghanguskan 4 unit motor masing-masing 2 motor dari kedua rumah serta perhiasan emas total 80 suku yang juga dari kedua rumah.
Lanjut Romli, dari kedua rumah yang ludes terbakar dan tidak ada satupun harta benda yang berhasil diselamatkan ini jaraknya bersebelahan. Api diduga kuat bersumber akibat terjadinya hubungan listrik arus pendek dari salah satu rumah, namun belum jelas dari rumah siapa.
Diterangkannya, saat ini semua penghuni rumah yang berjumlah 18 jiwa kini untuk sementara waktu sudah mengungsi di rumah keluarga masing-masing. Meskipun api dengan hebatnya menghanguskan semua benda, namun tidak ada korban jiwa meskipun ada penghuni rumah yang mengalami luka ringan akibat api dan reruntuhan bangunan.
"Warga setempat yang mengetahui kebakaran langsung memberikan pertolongan. Api dengan cepat berkorban sehingga warga saat itu berinisiatif merobohkan kedua rumah yang sedang terbakar, ini dilakukan untuk menghindari kobaran api merambat ke rumah tetangga,”jelas Romli.
Adapun bantuan yang kini sudah diterima korban berupa peralatan dan perabotan rumah tangga dari Dinsos OKI. Bantuan dari Bagian Kesra Setda OKI berupa uang masing-masing Rp 10 juta untuk 1 unit rumah dan bantuan logistik lainnya. (iso)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.