Jumat, 04 November 2011

Pelabuhan 35 Ilir Didominasi Truk Hewan Kurban

Palembang, SN
Menjelang Hari Raya Idul Adha 1432 H, terjadi peningkatan truk yang menyeberang di Pelabuhan 35 Ilir kebanyakan didominasi oleh truk pengangkut hewan kurban. Sedangkan untuk jumlah penumpang hanya mengalami peningkatan sebesar 2 persen.
Hal ini dikatakan oleh Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Laut dan Angkutan Sungai dan Perairan (ASDP), Said Albar, jika untuk truk yang ingin menyebrang melalui jalur sungai mengalami peningkatan yakni di hari biasanya normalnya hanya satu truk, menjelang hari raya Idul Adha mengalami peningkatan hingga delapan truknya yang didominasi truk pengangkut hewan kurban.
“Normalnya hanya satu truk perharinya, tapi menjelang Idul Adha. Lonjakan ini terjadi sudah satu minggu belakangan ini, dan terus mengalami peningkatan hingga puncaknya kita prediksi H-1 sebelum Idul Adha,” terangnya.
Sedangkan, untuk peningkatan jumlah penumpang tidak terlalu signifikan dibandingkan hari biasanya. “Hingga saat ini peningkatan tidak terlalu banyak, akan tetapi H-3 akan mengalami peningkatan sebesar 2 persen dari hari biasanya,” kata Said, kemarin (3/11).
Tambah Said, jika normalnya total penumpang sekitar 200 orang perharinya, menjelang Idul Adha terjadi peningkatan 2 persen. Walaupun terjadi peningkatan tidak ada peningkatan untuk penambahan armada. Kenapa? Karena pihaknya tidak ada persiapan khusus selama Idul Adha.
“Kita mempriotaskan hanya untuk dua hari raya besar keagamaan yakni Hari raya idul Fitri dan Natal, serta pergantian tahun 2011 ke 2012. dimana akan terjadi lonjakan yang cukup signifikan. Sedangkan untuk hari raya Idul Adha tidak terlalu banyak,” jelasnya.
Said melanjutkan, untuk armada tidak ada penambahan masih delapan kapal penyebrangan yang disiapkan untuk Palembang – Mentok diantaranya Kapal Kerapu, Kapal Srikandi Nusantara dan Kapal Jembatan Musi 1. “Tidak ada penambahan jumlah kapal, kita persiapkan masih seperti hari biasanya,” ujarnya.
Selain itu, gelombang laut masih dikategorikan masih normal 1.5 meter di atas permukaan laut. “Untuk saat ini gelombang masih diambang normal. Oleh sebab itu untuk penyebarangan sendiri masih normal aman walaupun ada peralihan musim dari musim kemarau ke musim hujan,” pungkasnya.(win)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.