Jumat, 04 November 2011

3-25 November, Angkutan Batubara Stop Operasi


Lahat, SN
Mulai 3-25 November seluruh angkutan batubara maupun kayu logs diminta berhenti beroperasi. Keputusan itu berdasarkan surat edaran Gubernur No 024/2805/Dishubkominfo/2011 perihal penghentian sementara pengoperasian angkutan batubara dan kayu (logs) sehubungan dengan pelaksanaan SEA Games XXVI.
“Surat edaran itu kita tindaklanjuti melalui Peraturan Bupati (perbup) No 551.11/500/Hubkominfo/2011 tanggal 28 Oktober 2011 tentang penghentian sementara pengoperasian angkutan, yang ditujukan kepada pemgusaha angkutan batubara, pengusaha tambang dan Ketua asosiasi angkutan tambang batubara,” kata Kadishukominfo Lahat, Drs Syaifuddin, Selasa (1/11).
Bagi yang melanggar, kita tindak ditempat, kalau saja angkutan batubara tidak mengindahkan Perbup dan edaran dari Gubernur Sumsel, akan dicabut izin mereka dengan berkoordinasi dengan Dishubkominfo Sumsel.
Sementara itu, Ketua Asosiasi Angkutan Tambang Batubara Kabupaten Lahat Hudson Arpan menyebutkan, pada dasarnya pihaknya sangat mendukung kepentingan negara dengan adanya penyelenggaraan olahraga di Kota Palembang.
“Tetapi, pemerintah juga memperhatikan kebijakan yang diambil, dimana, kebanyakan, pengusaha menjalankan angkutan batubara tersebut harus membayar cicilan kendaraan, belum lagi kerugian ditimbulkan dan lain sebagianya,” katanya.
Untuk itulah, pihaknya memberikan masukan kepada pemerintah, agar dapat duduk satu meja lagi, membahas dan mencari jalan keluarnya, jangan sampai satu pihak merasa dirugikan.
“Antara Dishubkominfo, pihak transportir dan asosiasi duduk satu meja, mencarikan solusi yang terbaik, sehingga tidak hanya dari sebelah saja dirugikan, bila perlu kedua belah pihak akan diuntungkan,” ucap Hudson.
Terpisah, Direktur Operasional CV Lahat Maju Bersama (LMB) Balfas Zaman menuturkan, pihak perusahaan hanya mengangkut batubara hanya sebatas Kecamatan Merapi Timur tepatnya di Rapen.
“Jadi kita tidak ada permasalahan sama sekali, dengan terbitnya Perbup dan surat edaran gubernur Sumsel karena angkutan CV LMB hanya sebatas Merapi Timur,” katanya.
Sementara itu dari koodinator LSM KAPAKKAN Lahat Muslim memberikan apresiasi dan dukungan penuh kepada pemerintah untuk menyetop angkutan batubara baik untuk sementara atau selamanya. Sebab angkutan batubara dan penambangan serta eksplorasi di Kabupaten Lahat lebih banyak mudharatnya ketimbang manfaatnya. Andaipun ada yang diuntungkan dari penambangan batubara tersebut hanya segelintir orang saja sementara rakyat terus menderita dan kehabisan lahan garapan belum lagi ditambah dengan hancurnya ekosistem dan lingkungan yang ada.
"Untuk itu menurut pemerintah harus meninjau ulang izin eksplorasi batubara di kabupaten ini andaikata masih menyanyangi Bumi seganti Setungguan ini," tegasnya. (zal)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.