Senin, 07 November 2011

Kenginan Kuat Nasdem Melahirkan Pemimpin Baru


Oleh Agus Harizal Alwie Tjikmat

PERLAHAN dugaan banyak pihak bahwa tujuan Nasional Demokrat (Nasdem), organisasi kemasyarakatan (ormas) yang dipimpin Surya Paloh untuk melahirkan pemimpin baru dan sasaran utamanya masuk ke 'Istana' telah terlihat. Apalagi saat ini secara pasti Ormas Nasdem sudah melahirkan Partai Nasdem.
Sasaran utama untuk bertarung di pemilihan presiden 2014-2019 telah berani ditunjukkan. Walaupun belum terlalu lugas dan masih 'malu-malu', Nasdem sangat sering melontarkan isu panas menjelang pemilihan presiden (pilpres) 2014.
Secara nasional, Ormas Nasdem dan Partai Nasdem dalam tiap deklarasi sangat mendukung kadernya untuk menjadi seorang pemimpin baru termasuk dalam pertarungan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).
Untuk tekad dan kenginan Nasdem mengusung capres-cawapres Nasdem tak bisa hanya menjadi organisasi kemasyarakatan. Hanya partai politik yang bisa mencalonkan pasangan capres-cawapres. Memang dari pendapat banyak pihak Nasdem tak perlu jadi parpol, hal inipun pernah dikatakan mantan Wapres Jusuf Kalla. Tetapi kondisi ini sangat lemah kalau memang tujuan Nasdem untuk masuk betarung di Pemilihan Presiden. Tetapi kini kenginan untuk kekuasaan makin terbentang dengan adanya Parti Nasdem.
Walaupun sudah jadi Parpol, tentu ada syarat lainnya untuk bertarung masuk Istana. Parpol pun punya syarat yang berat untuk bisa menjagokan pasangan capres-cawapres. Ingat apa yang terjadi dengan Partai Gerindra, partai yang mengusung sosok Prabowo Subianto. Parpol ini memang menuai simpati dan Prabowo banyak dielukan, tetapi sempat terjadi tarik ulur untuk menjagokannya menjadi capres. Hingga akhirnya Prabowo menjadi cawapres mendampingi Megawati, itupun di saat-saat penghujung masa kampanye yang ditetapkan KPU kala itu. (***)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.