Senin, 07 November 2011

Lagi, Jembatan di Muba Ambruk


Sekayu, SN
Sebuah jembatan yang menghubungkan Bandarjaya-Sungaiputih, Banyuasin, Sumatera Selatan, roboh gara-gara dilintasi truk tronton bermuatan eskavator. Robohnya jembatan yang disusun dari papan kayu dan baru berusia kurang lebih satu tahun itu mengganggu aktifitas warga di dua desa.
Sebenarnya, jembatan tersebut roboh sejak Kamis (4/11) lalu. Tapi belum ada perbaikan yang berarti sehingga pada Idul Adha, Minggu (06/11/2011), warga di kedua desa kesulitan bersilahturahmi.
Jembatan yang roboh ini itu dibangun dengan APBD induk Kabupaten Musi Banyuasin tahun 2010 dengan menelan dana Rp 900.000.000. Jembatan ini dibangun dengan rangka baja, komposit, dengan rentang fisik 4 x 12 meter. Sampai semalam, belum ada penjelasan resmi dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Musi Banyuasin.
Sebagai informasi, jembatan Ulak Kembang di Batanghari Leko, Kabupaten Musi Banyuasin, nilai proyek mencapai Rp 21,4 miliar, juga roboh. Bupati Musi Banyuasin Pahri Azhari, kepada pers di Sekayu, mengatakan, dinas terkait (PU Bina Marga, red) sudah menurunkan tim untuk menganalisis penyebab ambruknya jembatan tersebut.
Menurutnya, dua jembatan tersebut ambruk karena tidak bisa menahan kendaraan yang memiliki tonase di luar kemampuan jembatan. Karena itu, pihaknya meminta pemilik kendaraan segera melakukan perbaikan seperti sedia kala.
"Pemilik kendaraan itu terlalu memaksakan diri. Apalagi warga sudah sering mengingatkan. Kita minta yang bersangkutan segera memperbaikinya, ya seperti semula," katanya. (tw/lh)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.