Senin, 07 November 2011

Operasional Transmusi Fokus Sudirman-Jakabaring


Palembag, SN
Menindaklanjuti hasil rapat bidang transportasi panitia SEA Games XXVI, Dinas Perhubungan (Dishub) Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sumsel mengeluarkan surat edaran (SE) tentang pengaturan lalu lintas. Di dalamnya ditegaskan bahwa selama gelaran pembukaan dan penutupan SEA Games, transmusi akan difokuskan pada ruas jalan Sudirman (fly over) hingga Jakabaring.
Kepala Dishub Kota Palembang Masripin Thoyib melalui Kepala Bidang (Kabid) DLLAJ dan rel KA Agus Suprianto mengatakan, pengaturan rute transmusi ini bertujuan sebagai sarana masyarakat umum yang akan menuju stadion Jakabaring untuk menyaksikan acara pembukaan dan penutupan SEA Games XXVI. Dengan demikian, kawasan Jalan Sudirman - Jakabaring yang ditetapkan bersih dari angkutan umum lainnya tetap bisa dilalui masyarakat dengan menggunakan angkutan transmusi.
“Transmusi akan berbalik arah setelah sampai di simpang fly over Polda begitu pun setelah sampai di simpang Jalan H Bastari. Pengaturan rute Transmusi ini hanya pada saat pembukaan dan penutupan SEA Games saja,”kata Agus di ruang kerjanya, belum lama ini.
Adapun untuk yang membawa kendaraan pribadi, Agus menjelaskan, pihaknya menyiapkan beberapa titik kantong parkir. Diantaranya yaitu lahan seluas 4 hektare (ha) di samping kantor smart fren bundaran rotunda Jakabaring dengan kapasitas 4000 kendaraan dan lahan seluas 2 ha di sebelah gedung Bank Sumsel Babel Jakabaring dengan kapasitas 1000 kendaraan. Selain itu, disiapkan juga lahan di lahan parkir water fun OPI yang berkapasitas 1000 kendaraan, kawasan pasar Induk dan terminal Jakabaring dengan kapasitas 200 kendaraan.
“Disiapkan juga kantong parkir di lokasi perkantoran yang ada di sepanjang Jalan Gubernur H Bastari seperti di kantor BKN, gedung DPRD Kota Palembang, bahkan lahan samping Masjid Al-Fathul Akbar, meskipun kapasitasnya hanya sebatas 50 kendaraan,” sebut Agus.
Agus menambahkan, pihaknya juga memberlakukan kawasan bebas parkir dari mulai bandara hingga Jalan Gubernur H Bastari. Untuk mengganti lokasi parkir para pemilik toko di sepanjang Jalan Sudirman, pihaknya menyiapkan kantong parkir di bawah jembatan Ampera dan beberapa titik jalan yang ditutup seperti di Jalan Letkol Iskandar depan pusat perbelanjaan JM.
“Rencananya akan kita tutup sementara jalan di depan JM untuk kelancaran arus lalu lintas di sepanjang Jalan Sudirman menuju Ampera. Di lokasi tersebut, bisa kita fungsikan sementara untuk kantong parkir,” ujarnya.
Dengan demikian, dia mengimbau agar masyarakat pada hari pelaksanaan pembukaan dan penutupan SEA Games, tepatnya sejak pukul 14.00–17.00 WIB, dapat memarkir kendaraannya di kantong-kantong parkir yang tersedia.
“Kami mengimbau seluruh masyarakat Kota Palembang, mematuhi peraturan tersebut karena ini dilakukan demi kepentingan bersama dan hanya satu hari saat pelaksanaan pembukaan SEA Games,” imbuhnya.(win)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.