Senin, 07 November 2011

Program Jaminan Persalinan (JAMPERSAL) Mulai Diberlakukan


Empat Lawang, SN

Program Jaminan Persalinan yang dicanangkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2011, kini sudah bisa dinikmati masyarakat.
Kepala Dinas Kesehatan Empat Lawang, Burhansyah M Si mengatakan, dalam rangka mempercepat pencapaian tujuan pembangunan kesehatan nasional serta Millinieum Development Goals (MDGs) kita menghadapi berbagai hal yang multi kompleks seperti masalah budaya, pendidikan, masyarakat, pengetahuan, lingkungan, kecukupan fasilitas kesehatan sumber daya manusia dan lainnya.
“Tantangan yang sangat sulit itu bagaimana upaya pemerintah untuk menurunkan angka kesakitan, angka kematian ibu (AKI), angka kematian bayi (AKB), makanya diperlukan kerjasama dari seluruh pihak lintas sektor,” kata Burhansyah.
Dengan adanya komitmen dari pemerintah pusat untuk menerapkan program Jaminan Persalinan (Jampersal) secara gratis bagi masyarakat sehingga patut untuk dimanfaatkan secara maksimal bagi masyarakat Empat Lawang. Sehingga program tersebut bisa berdaya guna dan bisa dirasakan langsung oleh masyarakat Empat Lawang.
“Jumlah penduduk di Empat Lawang mencapai kurang lebih 216.422 jiwa dan patut diakui penduduk yang termasuk dalam kriteria Jamkesmas berjumlah kurang lebih 83.928 jiwa, nah semuanya itu bisa memanfaatkan program Jampersal ini. Bahkan bagi masyarakat Empat Lawang yang belum mempunyai Jamkesmas itu dan memiliki kartu identitas Kabupaten Empat Lawang pun bisa memanfaatkan pelayanan Jampersal,”imbuhnya seraya mengatakan program ini diberikan kepada semua masyarakat mulai dari akses pemeriksaan persalinan, pertolongan persalinan, pemeriksaan nifas dan pelayanan KB oleh tenaga kesehatan difasilitas kesehatan sehingga pada akhirnya dapat menekan AKI dan AKB.
Ia menambahkan, fasilitas pelayanan persalinan diberikan dipelayanan tingkat pertama pada Puskesmas dan Puskesmas Pelayanan Obstetry Neonatal Esensial Dasar (PONED) serta jaringannya termasuk Polindes, Poskesdes dan Fasilitas Kesehatan Swasta yang melakukan perjanjian kerjasama dalam program ini. Bahkan Pelayanan persalinan tingkat lanjutan diberikan difasilitas perawatan kelas III di rumah sakit pemerintah dan swasta yang bekerjasama dalam program Jamkesmas.
“Mulai dari tingkat pertama dan lanjutan akan difasilitasi dalam program Jampersal,” tuturnya.
Caranya ? Burhansyah menerangkan, diperkenankan bagi keluarga ataupun ibu hamil untuk sering berkoordinasi dengan petugas kesehatan mulai dari bidan desa, Puskesmas, bahkan petugas kesehatan di rumah sakit. Pihaknya meyakini proses untuk mendapatkan fasilitas Jampersal tidaklah sulit. Asalkan ibu hamil dan keluarganya berkoordinasi dengan petugas kesehatan.
“Masyarakat pun diperkenankan untuk mendukung program ini, dengan cara mensosialisasikannya kepada keluarga yang membutuhkannya. Dan memantau penyelenggaraan program ini dengan cara yang benar, transparan, dan akuntabel,” pungkasnya. (eko)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.