Senin, 07 November 2011

Ratusan Koperasi di ME Tidak Aktif


Muara Enim, SN
Sedikitnya 186 dari 498 unit koperasi yang terdaftar di Dinas Koperasi dan Usah Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Muara Enim tidak aktif.
Padahal, usaha koperasi memiliki peranan yang cukup penting bagi pertumbuhan ekonomi kerakyatan. Khususnya bagi masyarakat kalangan menengah bawah.
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Muara Enim Minson Dahimat kepada wartawan, menyebutkan, Kabupaten Muara Enim saat ini memiliki sebanyak 498 unit koperasi terdaftar.
Namun, hanya sekitar 310 unit saja yang masih menjalankan
aktifitasnya. Sementara, yang lainnya hanya tinggal papan nama saja.
Selain tidak pernah di buka, umumnya ratusan koperasi ini tidak lagi memberikan pelayanan kepada anggotanya. Bahkan para pengurus koperasi juga sudah tidak di ketahui lagi secara jelas. Kondisi ini, kata dia, tentu saja sangat di sayangkan. Sebab, koperasi juga dapat membantu pemerintah dalam membangun roda perekonomian rakyat.
“Hal tersebut diketahui, setelah kita melakukan pendataan ulang,” ujar Minson di Muara Enim kepada wartawan belum lama ini.
Lebih lanjut, pihak Dinas Koperasi dan UKM akan melakukan sejumlah terobosan dan langkah pro aktif guna menggeliatkan kembali usaha-usaha koperasi. Seperti melakukan pendekatan melalui anjangsana, ataupun membentuk tim survey lapangan guna mengetahui keberadaan koperasi dan penyebab kemacetannya.
“Jika nantinya, koperasi tersebut telah aktif maka pemerintah dapat membantu dengan memberikan pembinaan ataupun mungkin suntikan dana bergulir,” terang dia.
Kemudian, koperasi yang aktif dan sehat dapat dilihat dari beberapa kriteria. Diantaranya adalah memiliki manajemen pengelola, anggota yang cukup, dan mampu menggelar rapat anggota tahunan (RAT).
Salah satu pelaku UKM di Muara Enim Supriadi, berharap agar pemerintah dapat lebih memperhatikan koperasi dan Unit Usaha Kecil Menengah (UKM). Sebab, pada umumnya para pelaku usaha lebih di dominasi oleh kalangan bawah. Menurutnya, apabila ekonomi usaha kecil dapat di maksimalkan maka pertumbuhan perekonomian di Muaraenim dapat meningkat lebih cepat.
“Dari pertumbuhan UKM yang ada maka terlihat keinginan masyarakat untuk berkreasi sehingga perekonomian dapat berkembang,” ucap dia. (yud)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.