Senin, 20 Februari 2012

Jalan Aspal Kota Palembang Banyak di Kelupas

Palembang, SN
Janji pemerintah kota (pemkot) Palembang melalui Dinas Perekjaan Umum dan Bina Marga (PU BM) Kota Palembang untuk membebaskan jalan di kota Palembang mulus 100 persen pada awal tahun 2012 bakal terhambat, pasalnya jalan daerah perbatasan yakni kabupaten Banyuasin dan kabupaten Ogan Ilir (OI) mendapat prioritas untuk dilakukan perbaikan lebih dahulu.

Pantauan Koran ini dibeberapa jalan seperti jalan Basuki Rahmat, R Sukamanto banyak yang dikelupas, dengan ukuran lebih kurang0,2 mx0,5 meter yang mengangah tepat ditengah jalan.

Plt Dinas PU BM kota Palembang Budi Darma mengatakan jalan daerah di dua perbatasan kota Palembang mendesak untuk terlebih dahulu dilakukan pengaspalan .

”Disana (Jalan perbatasan,) memang rusak, akibat sering dilalui oleh kendaraan angkutan berat seperti truk. Untuk itu Jalan yang ada di perbatasan memang perlu diperbaiki. Perbaikan ini perlu kita lakukan setelah tim pengawas melihat secara langsung kerusakan tersebut rusak dan perlunya adanya perbaikan yang mendesak,”ungkapnya kemarin.

Saat ini meski terlebih dahulu prioitas perbaiakn jalan akan dilakukan didaerah perbatas , katanya jalan-jalan di kota Palembang sudah mencapi 80 persen ini dalam kondisi baik ini baru kembali dilakukan perbaiakan (pengaspalan) kembali di jalan prtokol kota Palembang.

“Jalan di Kota Palembang saat ini sudah hampir 80 persen yang sudah dikategorikan bagus dan mulus. Dan dalam waktu dekat Jalan-jalan protokol seperti Jalan Sudirman, Jalan Kapten A Rivai, Jalan Angkatan 45 dan Jalan protokol lainnya yang ada di dalam Kota Palembang. Untuk itu, pihaknya ada tim yang bertugas merencanakan program Jalan dan perawatan Jalan tersebut,’jelasnya

Bahkan,masih katanya Jalan Provinsi, Jalan Negara juga masuk dalam pemeliharaan yang dilakukan oleh Dinas PU BM Kota Palembang. Belum lagi Jalan-jalan arteri di Kota Palembang antara lain Jalan Ariodilah, Sekip Bendung dan sejumlah Jalan arteri lainnya yang juga masuk dalam perawatan pihaknya.

Berbeda halnya dengan perbaikan jalan alrenatif seperti Jalan di Pemukiman warga, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas PU Cipta Karya Kota Palembang untuk memperbaiki jalan tersebut. ”Untuk Jalan yang lebarnya kurangnya dari 4 meter, kita harus berkoordinasi dengan Dinas PU CK dalam melakukan perbaikan ataupun pembuatan Jalan,” ungkapnya.

Menurutnya dari sejumlah jalan yang ada dibawah naungan pengerjaann dinasnya tidak sebanding jika dibandingkan dengan anggran yang ada ditahun 2012.

”Tapi, anggaran kita (Dinas PU BM) untuk tahun ini (2012) berjumlah sekitar Rp 40 miliar yang juga termasuk perawatan saluran air, drainase dan perbaikan jalan. Ya, dengan banyaknya Jalan yang perlu diperbaiki dan adanya biaya perawatan, memang anggaran tersebut dirasa kurang, tapi kita optimis perbaikan jalan di Kota Palembang bisa sesuai dengan target yang inginkan,” jelas dia.

Sementara itu Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU BM & PSDA Kota Palembang, Affan Mahalli menjelaskan, jika perbaikan tersebut dilakukan secara merata di 16 Kecamatan yang tersebar di Kota Palembang. Affan mengungkapkan sejauh ini, pihaknya tidak mempunyai sekala prioritas tentang jalan mana saja yang mendesak untuk dibenahi. Namun, dalam perbaikan pihaknya akan mendahulukan jalan-jalan yang sering dilalui oleh kendaraan karena hampir di setiap kecamatan ada jalan yang rusak dan butuh perbaikan segera.

”Untuk perbaikan Jalan tidak ada skala proritas. Namun memang jika sifatnya sudah mendesak seperti di kawasan Tegal Binangun, memang perlu perbaikan secepatnya. Selain itu, perawatan dan pemeliharaan rutin jalan seperti penambalan, perbaikan ringan setiap hari di lokasi jalan yang memang diperlukan perbaikan,” tukasnya.(win)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.