Senin, 20 Februari 2012

Serapan Dana Pengembangan Sapi & Kerbau Minim

Palembang, SN
Ketua Komisi II DPRD Sumsel, Budiarto Marsul menyayangkan, serapan dana untuk pengembangan peternakan sapi dan kerbau tahun 2011 yang mencapai Rp 100 miliar minim. Padahal, Sumsel menargetkan dapat swasembada daging di tahun 2014.

Menurut dia, kemungkinan penyebab minimnya serapan dana tersebut karena masih banyak peternak yang tidak tahu cara membuat proposal peminjaman ke bank.

“Ini akan kita singkronkan semuanya, bagaimana nanti peternak dapat kemudahan soal permodalan dan pembinaan, dan dapat memanfaatkan kredit di bank," katanya, sembari mengatakan, di tahun 2012 ini, dana untuk perkembangan peternakan sapi dan kerbau tetap dianggarkan di APBD Sumsel.

Dikatakannya, kedepan kabupaten dan kota di Sumsel harus terus melakukan pembinaan terhadap para peternak, agar kemudian memahami tata cara peminjaman modal, atau kredit di bank.

"Kedepan kami akan mengumpulkan pihak perbankan, peternak, pemerintah dan BUMN yang mengurus masalah ternak sapi dan kerbau seperti PT Berdikari, untuk menguatkan peran mereka. Selain itu, untuk perbankan kami harap dapat menginformasikan tata cara pengambilan kredit bagi para peternak,” katanya.

Disisi lain, Budiarto mengkritik, terkait data jumlah sapi dan kerbau di Sumsel dan juga pemetaan lokasi peternakan di Sumsel yang tidak jelas. (awj)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.