Rabu, 01 Februari 2012

Palembang Tuan Rumah Pertemuan ASEAN-India

Palembang, SN
Palembang kembali dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan internasional yakni negara-negara ASEAN serta India akan melakukan pertemuan Internasional bidang pertanian (ASEAN-India Working Group on Agricultural Cooperation), yang akan digelar 6 Maret hingga 8 Maret mendatang, bertempat di Hotel Aryaduta Palembang.

Asisten Kesra Pemprov Sumsel Aidit Aziz menuturkan, Gubernur Sumsel menyambut baik ditunjuknya Palembang menjadi tuan rumah ASEAN-India Working Group on Agricultural Cooperation dan akan memberikan dukungan sesuai yang diharapkan .

"Pertemuan ini akan diikuti 10 negara ASEAN serta India. Tapi kita juga akan undang seluruh Gubernur se Sumatera, Kepala Dinas Pertanian se-Sumatera, dan semua lingkup bidang pertanian yang berhubungan dengan kegiatan ini," tutur Aidit saat rapat perdana persiapan pertemuan ASEAN-India di ruang Bina Praja Palembang, Selasa (31/1).

Pada rapat tersebut hadir Kabid Regional Pusat Kerjasama Luar Negeri Kementrian Pertanian Andy Jaya Dermawan mengungkapkan, pertemuan pertama Working Group on Agricultural Cooperation yakni, untuk menyepakati poin penting yaitu mengusulkan lingkup kerjasama yang lebih luas, tidak hanya pertanian tetapi juga kehutanan, rencana aksi jangka menengah 2012-2015.

"Pertemuan ASEAN-India di Palembang tentu memiliki manfaat bagi kota Palembang seperti dapat mempromosikan destinasi wisata daerah dan kebudayaan, meningkatkan devisa ke daerah serta meningkatkan perekonomian di Palembang. Kemudian memberikan pengalaman kepada Palembang tentang kerjasama luar negeri," terangnya.

Dia menambahkan, tujuan pertemuan tersebut untuk melakukan kerjasama yang komprehensif pada sektor-sektor yang potensial. Salah satu sektor yang disetujui selain perdagangan, investasi, jasa dan kebudayaan adalah sektor pertanian.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura, Nelly Rasdiana mengatakan, sebagai tuan rumah pihaknya siap mensukseskan pertemuan ASEA-India Working Group on Agricultural Cooperation ini.

"Diharapkan pertemuan ini bisa meningkatkan kualitas petani di ASEAN termasuk di Indonesia, apalagi India menawarkan training pertanian kepada negara ASEAN, dan menawarkan sekolah sampai S3 di India," ujarnya. (pit)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.