Rabu, 01 Februari 2012

Usai Turun Hujan Palembang Selalu Tergenang, Sampai Kapan?


Oleh Agus Harizal Alwie Tjikmat

HAMPIR setiap usai hujan turun, beberapa titik di Kota Palembang selalu tergenang air. Ada yang cukup dalam dan genangannya lama, ada juga yang tak begitu dalam dan cepat surut.
Kondisi dan kejadian ini sudah sangat lama terjadi atau bertahun-tahun. Kalau warga Palembang dapat mengamati, sekitar 10 tahun atau lima tahun yang lalu genangan air yang terjadi tak begitu parah atau lama. Tetapi kini lihatlah, kondisi sebaliknya yang terjadi. Apa yang terjadi di Kota Palembang dan dirasakan warga kotanya, harus menjadi catatan dan pekerjaan rumah dari pemerintah kota.

Jangan sampai peristiwa tergenangnya kota saat usai hujan turun, makin lama makin parah. Ditarik ulur, apa penyebab dari semua ini. Apakah daerah resapan air yang makin berkurang, gorong-gorong yang makin sempit dan dangkal, atau karena fenomena lama dimana banyak daerah rawa-rawa yang terus ditimbun.

Saat ini tergantung kebijakan yang diterapkan dan bagaimana sikap dari pemerintah kota, jangan sampai peraturan dan himbauan yang dibuat justru hanya semacam tulisan catatan prasasti yang tak berarti.

Kita berharap kondisi seperti ini tak berlangsung lama, karena kalau dibiarkan akan makin parah. Tak seimbang atau berbanding lurus tentunya, kalau pesatnya pembangunan di Kota Palembang dan keberhasilan di berbagai bidang, justru tak diimbangi dengan keseimbangan alam atau lingkungan. Ini menjadi tugas besar dan utama dari pengambil kebijakan. Kita tunggu saja! (***)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.