Rabu, 01 Februari 2012

Tol Kayuagung-Jakabaring Siap Operasi

Kayuagung, SN
Bupati OKI Ir H Ishak Mekki MM kembali meyakinkan semua pihak bila jalan tol Kayuagung-Jakabaring akan siap beroperasi pada tahun 2013 mendatang. Kini tidak ada lagi kendala dalam pembebasan lahan warga yang dijadikan jalan tol.

Demikian dikatakan Ishak saat menghadiri syukuran penempatan gedung baru DPRD OKI, Selasa (31/1) di pinggir Jalintim OKI atau hanya berjarak 150 meter dari kantor bupati. Sebelumnya gedung lama berada di dalam perkotaan Kayuagung yang kini kondisinya tidak lagi refresentatif.

Statemen bupati ini kali terakhir dilontarkannya kepada pers saat menghadiri Hari Jadi OKI ke-65 Oktober 2011 lalu di tempat yang sama. Kini omongan yang sama kembali diucapkannya untuk lebih menyakinkan semua pihak dan masyarakat.

Seperti sebelumnya, Ishak mengatakan, kontraktor yang membangun jalan tol ini sudah sangat berpengalaman di bidang yang sama karena pernah membangun beberapa jalan tol di Tanah Air ini. Kontraktor itulah yang berjanji kepada bupati bila akhir 2012 nanti jalan tol akan selesai.

”Jadi 2013 Insya Allah jalan tol Kayuagung-Jakabaring sudah bisa dioperasikan, saat ini kontraktornya sudah action di lapangan,” yakinnya sembari mengatakan dalam pengerjaannya jelas akan dipercepat sehingga jalan tol akan selesai tepat waktu sesuai target.

Lebih jauh dikatakannya, bila jalan tol ini selesai maka transportasi dari Kayuagung ke Palembang dan sebaliknya hanya butuh waktu 30 menit saja, padahal selama ini paling cepat 2 jam melalui Jalintim OKI Kayuagung-Tanjung Raja-Inderalaya-Palembang. Jalan tol itu panjang sekitar 37 KM saja, sedangkan selama ini warga harus menempuh jarak lebih dari 60 KM.

Ia menambahkan, adanya jalan tol nanti akan berdampak pada perekonomian yang berkembang pesat dan menarik sejumlah investor untuk berinvestasi di OKI. Ia juga memprediksi pertumbuhan ekonomi akan meningat sekitar 6,2 persen.

Sedangkan Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH sebelumnya pernah mengatakan, tahun ini Sumsel akan membangun jalan toal sepanjang 137 KM. Rinciannya 37 KM dari Kayuagung ke Jakabaring, sisanya dari Jakabaring ke Alang-alang Lebar-Betung dan Alang-Alang Lebar ke Tanjung Api-Api. Ini akan menjadi jalan terpanjang di luar Jawa. (iso)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.