Selasa, 13 Maret 2012

DPRD OKUS Harapkan Pembangunan Infrastruktur Jalan Daerah Tertinggal Diutamakan

Muaradua, SN
Kalangan DPRD OKU Selatan mengharapkan Pemkab OKU Selatan terus mengutamakan pembangunan infrastruktur jalan daerah tertinggal dan dari keterisoliran. Hal ini menyusul masih adanya sejumlah daerah yang terisolir dan sulit dijangkau dengan sarana transportasi darat.

Hal ini diungkapkan salah seorang anggota DPRD OKU Selatan Irawan Abizar SSos. Menurutnya, hingga saat ini masih banyak Desa yang berada di berbagai kecamatan, belum bisa tersentuh kendaraan roda empat. Misalnya Desa Way Wangi Seminung dan Desa Gedung Ranau yang berada di Kecamatan Warkuk Ranau Selatan.

Transportasi darat hingga saat ini yang menghubungkan desa satu dengan desa lainnya masih sangat sulit, terkecuali transprtasi danau,” Katanya saat dibincangi beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Irawan, akses jalan darat masuknya kendaraan yang pernah dirintis sebelumnya agar kembali di anggarkan untuk pembangunan anggaran 2012 mendatang, sehingga pembangunan sebelumnya tidak terkesan sia-sia warga yang bermukim diberbagai desa itu mengharapkan Pemkab OKU Selatan dapat melanjutkanmembangun jalan yang saat ini terhenti sehingga daerah mereka tidak terisolir lagi.

“Pasalnya, akibat keterisoliran tersebut, tingkat perekonomian masyarakat setempat banyak yang jauh tertinggal dengan daerah lainnya.Karena dengan belum adanya akses transportasi jalan, secara tidak langsung telah berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat. Dimana nilai tukar hasil bumi dengan rupiah jauh lebih rendah. Ini semua adalah dampak dari keterbelakangan, selain itu pula tambahnya pembangunan poros jalan kabupaten yang telah dirintis sebelumnya yang telah terbentuk badan jalan tersebut merupakan jalan poros objek pariwisata pemandian air panas Danau Ranau,” terangnya.

Harapan ini direspon Pemkab OKU Selatan. Kepala Dinas PU Ir Sudirman MM melalui Paisol Staf Bid Ciptakarya Dinas PU OKU Selatan, ketika dikonfirmasi mengatakan, program pembangunan jalan poros desa yang merupakan akses penghubung antar desa percepatan pembangunan dilakukan dengan pemberdayaan PNPM/RIS.

"Ini dilakukan salah satunya adalah guna membuka keterisoliran daerah tertinggal. Sedangkan jalan Kabupaten Pemkab OKU Selatan menganggarkan dengan dana APBD sehingga kedepan diupayakan untuk menjadi program prioritas,” ujarnya. (dan)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.