Selasa, 13 Maret 2012

Musrenbang 2012 Hasilkan 3.549 Kegiatan

Lahat, SN
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lahat Marwan Mansyur SH MM mengatakan, hasil musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) 2012, setelah melalui tahapan musrenbang kecamatan, reses DPRD, dan forum SKPD, diinventarisir sebanyak 3.549 kegiatan.

“Dari jumlah kegiatan yang diperoleh tersebut, perkiraan dana anggaran untuk merealisasikannya sebesar Rp 681.218.266.000, diperuntukan bidang fisik, sosial budaya, dan ekonomi,” katanya, Senin (12/3).

Rincinya, bidang fisik ada 1.337 kegiatan dengan perkiraan biaya berjumlah Rp 215.325.280.700, sosial budaya (sosbud) dengan 691 kegiatan, dana Rp 111.648.939.000, dan sektor ekonomi dengan 1.521 kegiatan serta perkiraan dana mencapai Rp 354.244.436.000.

“Dari hasil yang disebutkan diatas, tentunya pemerintah daerah (pemda) Kabupaten Lahat akan melaksanakannya, demi terwujud visi dan misi RPJMD 2008-2013,” ungkap Marwan.

Marwan menambahkan, dana-dana yang ada di atas tersebut, semuanya tidak terpaku pada anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten Lahat semata, melainkan, anggaran pendapatan belanja negara (APBN) dan APBD Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

“Dana bersumber pada APBN, APBD Provinsi Sumsel dan sumber dana lainnya, pendek kata, tidak serta merta APBD Kabupaten Lahat dalam pengerjaannya,” paparnya lugas.

Ia menyebutkan, bahwasanya musrenbang 2012 ini merupakan program terakhir pada masa kepimpinan kepala daerah di 2013, dimana, ini juga titik akhir RPJMD.

“Untuk itulah, kedepan kegiatan-kegiatan yang dihasilkan tersebut, akan dilakukan dengan sebaik mungkin, sehingga pada pelaporan pertanggungjawaban kepala daerah atas pembangunan di Bumi Seganti Setungguan benar-benar baik serta dilihat dengan sendirinya apa-apa saja yang telah diperbuat lima tahun ini,” tukas Marwan.

Sementara itu, Bupati Lahat H Saifudin Aswari Rivai SE mengemukakan, bahwasanya dirinya beserta dengan jajaran pemerintahannya selalu berbuat yang terbaik untuk masyarakat banyak, sehingga pembangunan segala sektor merata dan terealisasi dengan baik.

“Untuk itulah, ini semua berkat kerja keras dan kompak dalam mewujudkan isi dari visi dan misi kepala daerah, dalam memberikan terbaik bagi Lahat ini kedepannya serta kemajuan dalam bidang ekonomi, sosial budaya, dan lain sebagainya,” tandasnya. (zal)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.