Selasa, 13 Maret 2012

PDAM Tirta Randik Tambah Kapasitas

Sekayu, SN
Untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan air bersih di 19 desa, wilayah 14 kecamatan dalam Kabupaten Musi Banyuasin, PDAM Tirta Randik Sekayu, akan membeli pompa air baku baru. Alat tersebut diperuntukkan di wilayah Kecamatan Sungai Lilin.

Direktur PDAM Tirta Randik Sekayu, Firdaus L Dine, kepada koran ini, Senin (12/3) menuturkan, peningkatan air bersih terhadap pelanggan di Kabupaten Muba, setiap tahunnya terus dilakukan. Untuk tahun ini saja menurut Firdaus, pihaknya tengah melakukan perubahan distribusi air bersih kepada pelanggan.

Saat ini menurutnya, kapasitas 30 liter per detik akan ditingkatkan menjadi 60 liter per detik. Ini dilakukan demi meningkatkan pelayanan yang diberikan terhadap pelanggan di seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Muba.
Oleh karena itu, pihak PDAM Tirta Randik akan membangun pompa air baku baru dengan mengajukan anggaran sebesar Rp 60 miliar. Sehingga pelanggan tidak merasa dirugikan.

Peningkatan pelayanan tersebut menurut Firdaus, termasuk di kawasan Kecamatan Sungai Lilin. Di kecamatan ini, seluruh jaringan pipa dilakukan pergantian dan pembenahan dari yang mengalami kerusakan maupun ganti baru. "Saat ini tengah dilakukan pengerjaannya," kata Firdaus..

Firdaus mengungkapkan, Kecamatan Sungai Lilin saat musim kemarau, pasokan air yang diterima tidak layak konsumsi. Ia melanjutkan, di wilayah itu, kondisinya jika musim kemarau, air bersih diterima pelanggan rasanya asin atau payau.

Hal tersebut terjadi menurutnya karena memang air baku diterima pihak PDAM setempat kondisinya memang berasa asin. Itu terjadi karena kondisi air laut menyebar ke beberapa anak sungai di kawasan tersebut.

"Tapi meski demikian, kedepan kita terus mengupayakan agar kondisi air layak dikonsumsi, yaitu dengan cara bakal membeli mesin pengolahan air bersih yang harganya bisa mencapai Rp 1 miliar, saat ini masih dikoordinasikan sehingga tidak ada kesalahan dikemudian hari," bebernya.

Penambahan alat baru menurutnya, setiap bulan jumlah pelanggan di wilayah Muba mengalami penambahan yang saat ini saja berjumlah 19400 pelanggan. Sehingga mereka akan terus berupaya meningkatkan pelayanan terhadap sejumlah pelanggan, termasuk kualitas air bersih yang diterima pelanggan. (her)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.