Jumat, 03 Februari 2012

Empat Kecamatan Akan Dibangun Lumbung Pangan

Musi Rawas, SN

Sebagai upaya untuk menjamin ketersedian dan memenuhi kebutuhan pangan di setiap desa di kabupaten Musi Rawas (Mura), Badan Ketahanan Pangan (BKP) terus berupaya untuk membangun lumbung pangan baru. Direncanakan pada tahun ini akan ada empat lumbung pangan yang akan dibangun.

Menurut Kepala Badan Ketahan Pangan (BKP) kabupaten Musi Rawas Primadina melalui Kepala Bidang ketahanan Pangan Tatang Suparno mengatakan bahwa sampai dengan tahun 2011 kabupaten Musi Rawas sudah memiliki 12 lumbung pangan. Dengan adanya penambahan empat yang akan di bangun tahun ini maka jumlahnya menjadi 16 lumbung.

“Jumlah tersebut masih sangat kurang, idealnya satu desa memiliki satu lumbung pangan, namun hal ini bisa dipenuhi melalui pembangunan secara bertahap,” katanya.

Ditambahkannya, tujuan dari pembangunan lumbung pangan tersebut adalah untuk menjamin ketersediaan pangan bagi keluarga dan masyarakat di tingkat desa. Selain hal tersebut juga memberikan fungsi penguatan secara ekonomi kepada masyarakat. Lumbung pangan yang di bangun tersebut dikelola oleh kelompok tani setempat.

“Untuk daya tampungnya mencapai empat ton beras, ukuran ini cukup beras terlebih lagi pengelolaannya dilakukan oleh kelompok tani sendiri,” katanya. (fik)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.