Jumat, 03 Februari 2012

Komisi II Panggil PT IAL dan PT Lonsum

Palembang, SN
Komisi II DPRD Sumsel menunjukkan keseriusannya untuk menuntaskan sengketa lahan perkebunan yang terjadi antara PT IAL dengan warga Ogan Ilir (OI) dan PT Lonsum dengan warga Lahat. Bentuk keseriusan itu, Komisi II akan memanggil pihak-pihak yang berkonflik pada Selasa (7/2).

Ketua Komisi II DPRD Sumsel, Budiarto Marsul yang ditemui, Kamis (2/2) mengatakan, pemanggilan tersebut menanggapi surat masyarakat yang mengaku mitra PT Indralaya Argo Lestasi (IAL) yang menurut mereka plasma dengan PT IAL, tetapi sejak berdiri dan melakukan aktivitas perkebunan sejak tahun 2008 hingga sekarang masyarakat belum mendapatkan kebun plasma yang dijanjikan PT IAl.

Budiarto melanjutkan, kasus ini bisa jadi ada perbedaan data, menurut masyarakat, PT IAl telah menanam tanaman sekitar 4000 Ha, tapi pihak PT IAL mengaku baru menanam sekitar 1036 Ha.

"Karena itu, kami akan menyelidiki mana yang benar, dengan melihat aturan pendirian perusahan perkebunan tersebut, pemberian plasma berapa persen kepada masyarakat, kalau sudah di tanam harus berapa yang diserahkan," kata Politisi Partai Gerindra ini.

"Kita lihat aturannya, kalau kewajibannya belum dilaksanakan padahal itu harus diserahkan, kita minta perusahaan menyerahkan plasma pada masyarakat, kami akan segera undang PT IAL dengan warga," tambah Budiarto.

Lebih lanjut Budiarto menilai, terjadinya sengketa perkebunan lantaran euporia kebijakan masa lalu yang terlalu bebas memberikan izin perkebunan dengan tidak melihat fakta di lapangan. "Seharusnya, ada aturan perundangan yang harus dipenuhi pihak perusahaan dalam melakukan aktivitasnya," tutupnya. (awj)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.