Rabu, 29 Februari 2012

Heritage Hotel Tetap Fungsikan Museum Tekstil


Palembang, SN
Rencana pihak pengembang PT Dika Karya Lintas Nusa untuk membangun eks museum tekstil dijalan Diponegoro menjadi Heritage Hotel tahun ini bakal berjalan lancar,pasalnya selain mendapat sinyal lampu hijau dari pemerintah kota (pemkot) Palembang pihak pengembang juga berjanji tetap akan melestarikan salah satu gedung cagar budaya tersebut.

Direktur PT Dika Karya Lintas Nusa Yaniarsyah mengatakan, pembangunan sendiri akan dimulai sekitar pertengahan tahun ini dan ditergetkan pengerjaanselama delapan bulan kedepan.

“Kita sedang menunggu izin pembangunan dari pemerintah kota dan kemudian akan memulai membangun pada pertengahan tahun ini, kita tergetkan enam sampai delapan bulan kedepan akan rampung selesai,”jelasnya usai paparan terkait rencana pembangunan hotel Heritage didepan walikota Palembang Selasa (28/2) di ruang rapat parameswara kota Palembang.

Gedung tua atau gedung cagar budaya tersebut, kata Yaniarsyah pembangunan tetap berpegang pada Prisnsip gedung yang dibangun pada tahun 1937 silam.

“ini adalah pembanguna konserfasi, jadi bangunan eks museum akan kita konserfasi seperti bentuk sebelumnya , pembangunan ini juga tidak lepas dari ahlinya yang kita datangkan secara khusus,”katanya.meski bebera bangunan tua yang terletak dipusat kota ini, sudah mendapat beberapa polesan seperti adanya bangunan baru yang tidak jauh dari gedung mesum tekstil itu, pihak pengembang akan tetap akan menggembalikan ke bangunan terdahulu.

“Selaian itu disana ada bangunan yg pertama museum teksitil tahun (1937) kalau sekarang sudah banyak bangunan yg baru, sudah riset dan akan dikembalikan ke bentuk yang lama. Sedangkan gedung kedua yang bersebelahan gedung tersebut yang pembangunanya berselisih beberapa tahunyakni 1945-1950itu akan menjadi geleri songket sebanyak dua lantai,”jelasnya.

Dan untuk tengah gedung bangunan baru yang dibangun tahun 1945-1950 tersebut akan difungsikan untuk aula pertemuan, meingat kota Palembang menjadi kota tujuan tempat diselengaraknya berbagai event internasional.

“Ditengahnya akan menjadi fungsion(aula) hall,kerana Palembang kita lihat menjadi tujuan acara-acara dunia, makanya perlu aula,”jelasnya. Saat disingung besaran dana untuk pembangunan heritage hotel, Yaniarsyah, belum merinci secara pasti.”Estimasinya bisa mencapai 100 M,’ungkapnya.

Sementara itu Walikota Palembang H Eddy Santana Putra mengatakan pembanguanan Heritage hotel agar lebih bisa memaksimalkan fungsi gedung cagar budaya tersebut.

“Diharapakan tidak merubah esensi bangunan serta fungsinya bisa lebih dimaksimalkan lagi,”jelas Eddy.

Menurut orang nomor satu di kota Palembang ini, museum tekstil merupakan cagar budaya dan harus dipertahankan.

“Pihak pengembang melakukan restorasi dibeberapa bagian bangunan untuk mengembalikan ke kondisi banguna seperti semula, dan menambah bangunan baru di belakang bangunan lama tapi kami berharap kondisi museum tetap terjaga karena itu merupakan cagar budaya,” tukasnya.(win)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.