Rabu, 29 Februari 2012

Terminal Belum Diserahterimakan, Dishub Belum Berani Tarik Retribusi

Indralaya, SN
Dengan alasan masih ada proyek yang belum dilaksanakan, terminal tipe B yang beralamat di Kelurahan Timbangan, belum diserahterimakan dari Pemprov Sumsel kepada Pemkab Ogan Ilir (OI).

Padahal, pembangunan proyek yang menelan dana puluhan miliar itu sudah memasuki tahap keenam. Akibatnya, aktivitas penarikan retribusi terhadap sejumlah jenis kendaraan angkutan umum belum dilakukan.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Telekomunikasi (Dishubkominfo) OI, Drs Mustarsyah melalui Kabid Sarana dan Prasarana Telekomunikasi dan Perkeretaapian, Nazori mengatakan, alasan belum diserahterimakan terminal tipe B ini karena masih ada proyek yang
belum dilaksanakan.

"Saat ini pihak Dishub masih menunggu, karena salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) Pemkab OI diharapkan dari penarikan retribusi," katanya, ditemui, Selasa (28/2).

“Memang masih ada proyek tambahan yang belum dilaksanakan, diantaranya pembangunan los pasar dan pagar yang diperkirakan menelan dana Rp 6 Miliar. Kita belum tahu kedua proyek itu dibangun, karena semuanya menunggu kucuran dana APBN,” tambah Nazori, seraya menambahkan bila pembangunan terminal telah menelan dana APBN sebesar Rp 43 Miliar.

Nazori juga menjelaskan, dengan belum diserahterimakannya terminal tipe B ke Pemkab OI, maka pihaknya belum bisa maksimal dalam penarikan retribusi bagi sejumlah jenis angkutan umum, seperti bus AKDP, mobil angkut dan sejenisnya.

“Selama ini hanya kendaraan jenis truk yang dipungut retribusinya, sementara mobil angkutan umum lainnya belum kita tarik akibat terminal itu belum diresmikan,” katanya.

Keinginan pihak Dishubkominfo, sambungnya, agar terminal itu segera diserahterimakan, karena juga berpengaruh terhadap pengecekan kelayakan jalan bagi angkutan umum tersebut.
“Sebab, bila terminal type B itu sudah diserahterimakan, maka semua kendaraan angkutan umum diharuskan masuk terminal dan disanalah petugas Dishub akan menarik
retribusinya. Kalau sekarang kita belum berani melaksanakannya,” pungkas Nazori. (man)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.