Rabu, 29 Februari 2012

Kenaikan Tarif PDAM Dinilai Wajar


Muaradua, SN
PDAM Tirta Saka Selabung OKU Selatan berupaya meningkatkan pelayanan sehingga dalam rangka percepatan penyediaan air minum di OKU Selatan pihak manajemen dinilai wajar menaikkan tarif dasar PDAM.

Hal itu dijelaskan Jhon Kartajasa Direksi PDAM Tirta Saka Selabung OKU Selatan. "Guna mengatasi permasalahan yang terjadi pada PDAM secara gradual kenaikan tari air minum mendesak agar dalam melakukan pembenahan perbaikan teknis dilapangan lebih efektif. Sehingga diharapkan tidak ada lagi pandangan miring dari masyarakat terhadap kinerja PDAM," katanya.

Lebih lanjut dikatakan manajemen PDAM sebagai penyedia layanan terhadap konsumen, tentu memiliki keterbatasan, sehingga dalam hal kinerja bersifat terbuka dan menerima kritikan tentang PDAM sebagai bahan evaluasi.

""Kami akan merubah image PDAM yang kerap kali lamban dalam merespon keluhan pelanggan, seperti halnya air keruh dan berwarna kuning serta tersendatnya distribusi air. Maka sebagai upaya mengatasi permasalahan tersebut, kami menaikkan tariff dasar yang bervariatif. Hal itu diharapkan akan membawa perubahan yang lebih baik perusahaan daerah air minum kedepan, disamping terpenuhinya kebutuhan air bersih masyarakat, struktur organisasi tidak menyalahi peraturan perundangan yang berlaku,” jelasnya.

Terpisah Sarofi warga Tangsi menanggapi kenaikan tarif air tentu setuju dengan perbaikan pelayanan yang dijadikan alasan dan prioritas. Tetapi bila semua pihak serius terhadap perbaikan pelayanan sehingga penyesuaian tarif pasti didukung semua pihak.

"Bagaimana mungkin pengadaan water meter saja belum diperbaharui, kok tiba-tiba tarif naik,” jelasnya.

Menurutnya, penyesuaian tarif yang didahului penggantian water meter akan efektif membuat pemerataan pemakaian air dan penggunaan air menjadi efisien, oleh karena masih banyaknya daerah pelayanan PDAM yang belum maksimal terlayani air dengan alasan keterbatasan ketersediaan air baku.

"Maka dengan kenaikan struktur tarif yang baru PDAM harus pula ikut menentukan pola konsumsi dan penggunaan air baku untuk tiap pelanggan secara efektif dan efisien,” pungkasnya. (dan)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Press

My Slideshow: Ferdinand’s trip to Palembang, Sumatra, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Palembang slideshow. Create your own stunning free slideshow from your travel photos.